Pawai Obor Sambut Malam Tahun Baru Islam di Ketapang

PHBI Ketapang gelar pawai obor sambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah
PHBI Ketapang gelar pawai obor sambut tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – Dalam rangka memperingati tahun baru Islam 1 Muharram 1440 Hijriah, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Ketapang bekerjasama dengan Pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas bersama pemuda dan remaja Islam Masjid Agung Al-Ikhlas Ketapang (Prisma) melaksanakan kegiatan pawai obor keliling Kota Ketapang untuk menyambut malam pergantian tahun baru Hijriah, Senin (10/9/2018) malam.

Kegiatan yang mengusung tema ‘Nyalakan semangat kebersamaan dalam kebhinekaan etnis’ tersebut dipusatkan di halaman Masjid Agung Al-Ikhlas, Jalan H Agus Salim.

Para peserta pawai obor dilepas langsung oleh Asisten II Sekda Ketapang, H. Farhan, SE., M. Si dengan didampingi oleh Ketua Panitia dan Kapolsek Delta Pawan serta Ketua perwakilan dari ormas Perkumpulan Lawang Kekayun dan Persatuan Orang Melayu (POM) Ketapang.

Dalam sambutanya, Ketua panitia pawai obor, H. Yusman mengatakan kegiatan pawai obor ini merupakan kegiatan tahunan dengan melibatkan pelajar dari tingkat SD/MIt, SMP/MTs, SMA/SMK, Madrasah Aliyah, serta ormas dan lembaga dakwah.

“Kegiatan pawai obor ini dibagi menjadi dua bagian kelompok yakni anak-anak dan dewasa dengan total sebanyak 2000 peserta,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih karena berkat kerjasama PHBI Ketapang dengan pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas dan Prisma serta support dari Pemkab Ketapang, sehingga kegiatan pawai obor keliling Kota Ketapang dapat terselenggara.

“Dana untuk kegiatan ini berasal dari hibah Pemkab Ketapang kepada PHBI Ketapang. Dari itu kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Bupati Ketapang dan kami juga berharap agar pada tahun depan nominalnya dapat ditambah,” ungkapnya.

Sementaa Asisten II Setda Ketapang, H. Farhan, SE., M.Si mengucapakan terima kasih kepada PHBI Ketapang, Pengurus Masjid Agung Al-Ikhlas atas terselenggaranya kegiatan ini. Dirinya juga berharap kepada para peserta pawai obor agar dalam kegaiatan untuk dapat mengikuti aturan dan rute pawai yang telah ditentukan oleh panitia.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan silahturahmi umat sehingga kecintaan terhadap hari besar Islam semakin meningkat, selain sebagai hiburan bagi masyarakat untuk meningkatkan satu kesatuan dan budaya juga sebagai modal untuk membangun daerah dan bangsa,” tandasnya.

Pawai obor yang diikuti oleh ribuan peserta tersebut menempuh rute mulai dari halaman Masjid Agung Al-Ikhlas di Jalan H Agus Salim menuju Jalan DI Panjaitan kemudian ke arah Jalan R Suprapto lanjut belok ke jalan MT Haryono untuk kemudian kembali lagi ke halaman Masjid Agung Al-Ikhlas di jalan H Agus Salim berjalan dengan tertib dengan pengawalan dari pihak Kepolisian Polres Ketapang. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar