Puskesmas Nanga Mahap Musnahkan Obat Kadaluwarsa, Ini Pesan Kapolsek

KalbarOnline, Sekadau – Puskesmas Nanga Mahap Kabupaten Sekadau melakukan pemusnahan sejumlah obat kadaluwarsa yang dipimpin langsung oleh kepala Puskesmas, Antonius Bernath, A.Md. Kep, Kamis (6/9/2018).

Camat Nanga Mahap, Acung Yulius, S.Sos, Kapolsek Nanga Mahap Ipda Roberd Suryanto, Kepala Instalasi Farmasi Kab. Sekadau, Apoteker Puskesmas Nanga Mahap, dan petugas Satpol PP turut hadir menyaksikan pemusnahan tersebut.

Selaku apoteker penanggungjawab, Riska Eka Yuda, S.Farm. Apt, menyampaikan bahwa pemusnahan obat-obata kadaluarsa ini sesuai dengan peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia nomor 03 tahun 2015 tentang peraturan peredaran, penyimpanan, pemusnahan dan pelaporan Narkotika, Psikotropika dan Prekursor Farmasi.

Baca Juga :  Seorang Pemuda di Sekadau Bawa Kabur RX King Supir Truk

Dijelaskan juga oleh Riska ada 42 jenis obat-obatan yang sudah kadaluarsa dan satu jenis obat yang sudah rusak, yang merupakan hasil temuan dari tahun 2015 sampai sekarang.

Baca Juga :  Kerap Menimbulkan Kondisi Yang Dilematis, Pemerhati Sosial: Buat Jadwal Bakar Ladang

Kapolsek Nanga Mahap, Ipda Roberd Suryanto dalam kesempatan tersebut mengimbau pihak Puskesmas untuk lebih teliti dan jeli dalam penyaluran dan pengadaan obat-obatan kepada pasien.

“Kita harus awasi bersama, jangan sampai obat-obatan yang sudah kadaluarsa atau rusak masih dijual dan diberikan kepada pasien dan pembeli, jika masih ada ditemukan segera diamankan,” ucap Kapolsek. (*/Mus)

Comment