Bupati Jarot Hadiri HUT Puskesmas Sungai Durian

Bupati Jarot Hadiri HUT Puskesmas Sungai Durian
Bupati Sintang, Jarot Winarno saat melakukan pemotongan tumpeng sebagai simbol perayaan HUT Puskesmas Sungai Durian (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno menghadiri peringatan HUT Puskesmas Sungai Durian Sintang, Sabtu (25/8/2018).

30 tahun yang lalu pria yang kini menjadi orang nomor satu di Sintang itu pernah menjabat sebagai kepala Puskesmas Tanjung Puri Sintang. Ia menceritakan sedikit kenangannya kala bertugas di puskesmas tersebut.

“Dulu puskesmas ini termasuk kategori top di Kabupaten Sintang, termasuk sampai ke Melawi,” ungkap Bupati Jarot.

“Saya bangga sama Puskesmas Sungai Durian ini. Sekarang jadi semakin besar, semakin ramai dan lebih bisa melayani masyarakat luas. Puskesmas ini berada tepat di tengah Kota Sintang, sehingga pelayanannya berbeda dengan puskesmas di pedalaman. Pada momen ini kita mensosialisasikan kembali gerakan masyarakat hidup sehat (Germas),” tukasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Jarot juga memberikan himbauan kepada masyarakat untuk benar-benar memperhatikan gaya hidup saat ini. Beberapa hal yang diingatkannya lagi tentang bahaya penyakit degeneratif yang mengintai dalam rusaknya.

“Kita ini harus banyak-banyak makan sayur, olahraga teratur dan terukur. Minimal 4 kali seminggu jalan kaki selama 45 menit. Yang perlu kita perhatikan benar itu kuantitasnya, biar jalan pelan-pelan asal 45 menit,” imbuhnya.

Sebelum acara ceremonial berlangsung, Bupati Jarot menyempatkan diri ikut dalam senam massal yang dilaksanakan di lapangan depan puskesmas. Meski ditengah kabut asap, ia terlihat bersemangat berolahraga bersama ratusan peserta senam lainnya.

Pada kegiatan ini, Bupati Jarot memotong tumpeng sebagai simbol perayaan ulang tahun tersebut. Ia memberikan potongan pertama tumpeng kepada salah seorang petugas kesehatan senior yang hadir.

Pada peringatan HUT ke-41 ini, UPTD Puskesmas Sungai Durian Sintang mengusung tema, ‘kita hidup sehat dan berkualitas dengan membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS)’.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Sintang, dr. Harysinto Linoh melakukan pelepasan balon sebagai simbol dibukanya kegiatan peringatan HUT Puskesmas Sungai Durian.

“Terima kasih atas pencapaian prestasi dan kinerja para staf Puskesmas Sungai Durian selama ini,” kata dr. Sinto.

“Kedepan saya harap dalam hal akreditasi, puskesmas ini bisa mencapai akreditasi paripurna. Saya harapkan untuk selanjutnya, kita bisa bekerja dengan lebih iklas dan lebih tanggung jawab serta sesuai dengan kompetensi kita,” sambungnya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, unsur forkopimda, perwakilan kecamatan dan Kepala OPD di lingkungan Kabupaten Sintang. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar