Kurban 3 Ekor Kambing, Wabup Askiman: Wujud Toleransi Antar Umat Beragama

Wakil Bupati Sintang Kurban 3 Ekor Kambing
Wakil Bupati Sintang, Askiman dan Istri saat menyerahkan bantuan hewan kurban pribadi kepada warga (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Sudah menjadi agenda tahunan semenjak menjabat sebagi Wakil Bupati Sintang sejak 2016 lalu, meskipun sebagai seorang Kristiani yang taat dimana setiap perayaan Hari Raya Idul Adha, Askiman selalu memberikan sumbangan hewan kurban kepada umat muslim yang merayakannya di Kabupaten Sintang secara khusus di sekitaran Kecamatan Sintang.

Untuk Idul Adha tahun 2018 ini, didampingi istrinya yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Rosinta Askiman, Wabup menyerahkan bantuan hewan kurban sebanyak 3 (tiga) ekor kambing sumbangan keluarganya di tiga tempat berbeda di Kecamatan Sintang yakni di salah satu RT di Suka Maju, Sungai Durian dan Sengkuang.

“Ini semua wujud rasa kekeluargaan kita yang selama ini terjalin dengan baik hubungan kita dengan tetangga dimana tetangga kita juga terdiri dari keluarga yang sangat heterogen lainnya macam suku agama,” kata Askiman.

Askiman menjelaskan untuk tahun lalu, dirinya dan keluarga menyerahkan bantuan hewan kurban berupa satu ekor sapi yang dikelola oleh tim sembilan yang diperuntukan untuk tokoh masyarakat dan masyarakat lain secara umum namun untuk tahun ini atas ide, saran dan pertimbangan istrinya sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten agar penyerahan bantuan hewan kurban tersebut di serahkan langsung ke masyarakat sekitar.

“Ada 3 ekor kambing yang dibagikan untuk saat ini kita bagikan di Sukamaju Sungai Durian dan Sengkuang yang tadi diserahkan oleh ibu (Rosinta Askiman), karena selama ini sudah terjalin cukup lama kami sekeluarga dengan masyarakat disini mulai dari dulu kita terjalin dengan baik dengan demikian kita buatkan satu sebaran semoga kedepan semuanya bisa mendapat berkah yang lebih,” imbuhnya.

Askiman menambahkan ini juga merupakan wujud toleransi antar umat beragama, toleransi antar suku bangsa di Kabupaten Sintang yang diwujud-nyatakan jauh dari segala perbedaan segala bentuk perpecahan dan paham-paham yang tidak mengenakkan antara semua keluarga besar Kabupaten Sintang ini, karena harus disadari bahwa Sintang ini adalah rumah bersama dan harus dijaga secara utuh.

Hal senada diungkapkan Ketua Tim penggerak PKK Kabupaten Sintang, Rosinta Askiman yang mengatakan ia sekeluarga menyerahkan bantun hewan kurban secara langsung ke masyarakat sekitar karena memang wujud dari rasa kekeluarga yang terjalin selama ini, meskipun secara agama berbeda namun itu tidak menjadi penghalang untuk berbagi.

“Saya bilang bapak kita salurkan langsung saja ke masyarakat sekitar karena agar rasa wujud kekeluargaan kita semakin erat, terlebih memang ini momen Idul Adha merupakan momen untuk berbagi sesama agar momentum hari raya bisa dinikmati semua oleh masyarakat,” kata Rosinta.

Sementara ketua RT 08 RW 02 Kelurahan Sengkuang, Kecamatan Sintang, Trianto mengucap terima kasih dan bersyukur atas sumbangan hewan kurban dari Wakil Bupati Sintang dan keluarga, terlebih untuk di wilayah RT-nya baru pertama kali menerima sumbangan hewan kurban dari pejabat tinggi di Kabupaten Sintang.

“Sangat bersyukur karena ada perhatian walaupun kita lihat dari penyerahan tadi kalau dari segi agama kita berbeda tetapi dengan loyalitas tinggi dari Bapak Askiman selaku Wakil Bupati, kita warga Sengkuang yang muslim merasa dihormati jadi Kebhineka-tunggal-ikaan kita terjaga,” kata Trianto.

Lanjut Trianto bahwa untuk tahun ini hewan kurban di RT yang ia pimpin tersebut ada 1 ekor sapi dan 2 ekor kambing yang di potong, salah satunya sumbangan dari Wakil Bupati Sintang dan keluarga.

“Kami bagikan merata bagi warga kami disini baik yang Muslim maupun yang non-Muslim, meskipun tahun ini menurun jumlah hewan yang dipotong tidak seperti tahun lalu, mudah-mudahan tahun depan lebih meningkat lagi,” tutup Trianto. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar