Tekan Angka Kenakalan Remaja, Polres Sekadau Gelar FGD

KalbarOnline, Sekadau – Sebagai salah satu upaya menekan tingginya angka kenakalan remaja tingkat pelajar SMP di Kabupaten Sekadau, Kepolisian Resor (Polres) Sekadau menggelar Focus Group Discussion (FGD) bertemakan ‘bijak dalam menggunakan media sosial’ yang berlangsung di Gedung Kateketik Sekadau, Senin (20/8/2018).

FGD ini dihadiri langsung oleh Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi, SIK dan menghadirkan pelajar SMP serta guru pendamping.

Dalam sambutannya, Kapolres menjelaskan bahwa akses internet sangat mudah diperoleh untuk mendapatkan beragam informasi yang diperlukan.

Baca Juga :  Mantap, Jaring Milik Warga Balai Sepuak Tersangkut Ikan Tapah Seberat 38 Kg

Namun, informasi tersebut jangan langsung diterima kebenarannya. Teliti lebih dulu isi tulisan, sumber dan referensinya, agar tidak terjebak oleh berita palsu dan menyesatkan (hoax).

Hal ini sangatlah penting, mengingat usia SMP merupakan masa transisi (peralihan) dari anak-anak menuju remaja, sehingga memiliki rasa ingin tahu yang amat besar, dan penasaran akan sesuatu yang baru.

“Apabila sudah percaya akan hoax, akan muncul persepsi yang keliru, menimbulkan perilaku hidup yang tidak sesuai dengan norma yang berlaku. Untuk itu perlu adanya kontrol baik dari tenaga pendidik maupun orang tua, dengan memberikan pencerahan agar anak dapat mengerti tentang kebenaran suatu berita atau informasi,” pungkas Kapolres.

Baca Juga :  Pastikan Pelaksanaan Gawai Berjalan Lancar, Aparat Gabungan di Sekadau Gelar Apel Bersama

Kegiatan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Kasat Narkoba terkait narkotika dan zat adiktif terlarang, jenis-jenis narkotika serta dampak negatifnya.

Selanjutnya, Kasat Bimas memberikan paparan terkait pengertian media sosial, ciri-ciri, peran, fungsi dan pengaruhnya pada saat sekarang ini, untuk menambah wawasan dan pemahaman peserta diskusi.

Penulis: NR

Editor: Fai/Mus

Publish: KalbarOnline

Comment