Categories: Sekadau

Kemarau Tiba, Wisata Batu Kenyalau Jadi Daya Tarik di Sekadau

KalbarOnline, Sekadau – Setiap musim kemarau tiba, ada sebuah fenomena unik di kota Sekadau, dimana masyarakat sekitar dapat menikmati wisata di tengah-tengah sungai Sekadau yang berada di sekitar Desa Tanjung, Kecamatan Sekadau Hilir.

Bagaimana bisa berada ditengah sungai? tentu bisa, karena pada saat musim kemarau, dengan kondisi air sungai yang surut sebuah bongkahan batu di hulu sungai tersebut menampakkan diri, warga Sekadau menyebutnya Batu Kenyalau.

Batu Kenyalau Sekadau (Foto: Mus)

Batu Kenyalau menjadi wisata musiman bagi masyarakat sekitar dan dari daerah luar Sekadau karena fenomena alamnya sangat indah.

Dimana kita dapat merasakan berada ditengah sungai dengan hanya berjalan kaki, tanpa harus khawatir basah dan juga tanpa harus menggunakan perahu menjadikan masyarakat antusias untuk berkunjung ke lokasi tersebut.

“Tempatnya bagus untuk foto-foto. Masyarakat juga ramai datang kesini berbondong-bondong ke Kenyalau di sore hari. Santai-santai, ada juga yang cari ikan dan bakar-bakar ayam layaknya camping,” ujar Hendra, salah seorang pengunjung.

Selain melepas penat bekerja sehairan, kita juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang cantik dan memikmati matahari terbenam.

Warga juga tidak mau ketinggalan untuk mengabadikan momen diatas batu tepat di tengah sungai itu, dan tidak sedikit pula yang mandi di lokasi tersebut.

Tak hanya orang dewasa, remaja bahkan anak-anak juga mendatangi bongkahan batu berukuran cukup luas dan berhamparan itu.

Meski menjadi tempat wisata musiman, namun diharapkan wisata Batu Kenyalau itu tetap dilakukan pengelolaan.

“Tidak setiap hari ada, hanya muncul kalau musim kemarau saja, saat air sungai surut,” ujar, Rita salah seorang remaja Kota Sekadau yang berkunjung bersama rekan-rekannya ke Batu Kenyalau.

Ia mengaku tertarik datang ke batu kenyalu karena alamnya indah.

Batu kenyalu dalam Sungai Sekadau, katanya bisa menjadi alternatif wisata yang bisa dikunjungi masyarakat saat musim kemarau.

Senada dengan Rita, Yuli juga mengaku senang mengunjungi Batu Kenyalau lantaran alamnya yang sangat indah.

“Senanglah datang ke Batu Kenyalau karena momennya musiman,” tukas Yuli. (Mus)

Jauhari Fatria

Saya Penulis Pemula

Leave a Comment
Share
Published by
Jauhari Fatria

Recent Posts

Terima Manfaat dari Program Konsolidasi Tanah, Warga Terdampak Bencana Likuefaksi Palu Kini Miliki Hunian yang Layak dan Nyaman

KalbarOnline.com, Nasional - Program Konsolidasi Tanah merupakan bentuk penataan kembali suatu kawasan juga penguasaan tanah…

1 min ago

Rakor GTRA Kalbar: Revitalisasi Gugus Tugas Reforma Agraria Untuk Kalimantan Barat Sejahtera

KalbarOnline.com, Pontianak - Sehubungan dengan percepatan pelaksanaan Reforma Agraria, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan…

34 mins ago

Sekda Ketapang Buka Kegiatan Gelar Talenta Pendidikan Tahun 2024

KalbarOnline, Ketapang - Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo membuka Gelar Talenta Pendidikan…

6 hours ago

Pj Bupati Kamaruzaman dan Sekda Yusran Antusias Saksikan Semifinal Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Kubu Raya - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya menggelar nonton bareng (nobar) laga semifinal Piala…

14 hours ago

Optimalkan Pelayanan, Kamaruzaman Teken Kerja Sama dengan Enam Instansi Sekaligus

KalbarOnline, Kubu Raya – Penjabat (Pj) Bupati Kubu Raya, Syarif Kamaruzaman menandatangani kesepakatan bersama dan…

14 hours ago

Warga Padati Halaman Polresta Pontianak, Nobar Indonesia Versus Uzbekistan

KalbarOnline, Pontianak - Ribuan warga Kota Pontianak memadati halaman Polresta Pontianak untuk nonton bareng (nobar)…

21 hours ago