Kapolsek Sekadau Hulu: 2 Titik Api di Desa Sungai Sambang Sudah Padam

KalbarOnline, Sekadau – Kapolsek Sekadau Hulu, Ipda Zainudin mengungkapkan berdasarkan pantauan dari satelit Aqua pada Sabtu (18/8/2018) ditemukan 2 titik api di kecamatan Sekadau Hulu.

Dua lokasi titik api diketahui berada di Dusun Sulang Betung dan Dusun Sungai Sambang, Desa Sungai Sambang, Sekadau Hulu, Sekadau.

Mengetahu informasi tersebut, pihaknya menerjunkan 3 personel diantaranya Brigadir Idhar Prasandi, Brigadir Devyandi, dan Bripda Albertus David untuk melaksanakan patroli ke lokasi titik api dan melakukan pemadaman agar api tidak menjalar lebih luas.

Baca Juga :  Taat Pajak, Desa Setawar Dapat Penghargaan Dari Pemkab Sekadau

Warga diduga pembakar lahan diminta petugas membuat surat pernyataan agar tidak kembali melakukan pembakaran lahan (Foto: Hms Polres Sekadau)

Kapolsek menyebutkan, titik api berasal dari lahan milik warga yang sengaja dibakar untuk menamam padi dengan luas lahan yang masing – masing kurang lebih 0,5 hektar.

Dengan peralatan seadanya petugas langsung memadamkan api agar tidak meluas dan menimbulkan asap.

Baca Juga :  Komisi II dan DKP3 Sekadau Gelar Rapat Bahas Soal Perusahaan HTI di Nanga Mahap

Selanjutnya kepada pemilik lahan, petugas memberikan teguran serta peringatan dengan membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya.

Petugas juga memberikan imbauan agar warga yang ingin membuka lahan dengan cara dibakar agar dikoordinasikan terlebih dahulu kepada aparat desa maupun aparat keamanan dari TNI Polri.

Hal ini dilakukan sebagai pencegahan, sehingga tidak menimbulkan asap yang berkelanjutan dan mengakibatkan polusi serta gangguan pernapasan.

Penulis: NR

Editor: Fai/Mus

Publish: KalbarOnline

Comment