Upacara HUT RI ke-73 di Sekadau, Bupati Rupinus: Bentuk Penghargaan Kepada Pahlawan

Upacara bendera peringatan HUT RI ke-73 di Kabupaten Sekadau (Foto: Mus)
Upacara bendera peringatan HUT RI ke-73 di Kabupaten Sekadau (Foto: Mus)

KalbarOnline, Sekadau – HUT Kemerdekaan RI ke-73 di Kabupaten Sekadau diperingati dengan menggelar upacara pengibaran bendera merah putih di halaman kantor Bupati Sekadau, Jum’at (17/8/2018).

Selain Bupati Sekadau Rupinus, hadir pula Wakil Bupati Sekadau Aloysius, Ketua DPRD Sekadau Albertus Pinus, mantan Bupati Sekadau dua periode, Simon Petrus beserta istri, jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan para tamu undangan.

Bupati Sekadau Rupinus saat memimpin upacara peringatan HUT RI ke-73 (Foto: Mus)
Bupati Sekadau Rupinus saat memimpin upacara peringatan HUT RI ke-73 (Foto: Mus)

Upacara yang berjalan tertib dan khidmat ini diawali dengan atraksi drum band siswa dan siswi binaan Dinas Pendidikan Kabupaten Sekadau. Bertindak sebagai Inspektur upacara Bupati Sekadau Rupinus, sebagai komandan upacara adalah Kapolsek Belitang Hulu, Iptu Samidi, sedangkan Ketua DPRD Sekadau Albertus Pinus didapuk sebagai pembaca teks Proklamasi.

Pasukan pengibar bendera pusaka (paskibraka) dibawah komandan kompi Ipda Nanda Sulvy, memimpin 33 anggota paskibraka untuk mengibarkan bendera merah putih yang merupakan siswa dan siswi pilihan yang diambil dari berbagai sekolah menengah atas se-Kabupaten Sekadau.

Adalah Sherly Nadia Aprilia yang bertindak sebagai pembawa bendera pusaka, putri dari bapak Bashirun dan ibu Anissa yang berasal dari SMA Negeri 1 Nanga Taman. Sedangkan yang bertugas sebagai pengibar bendera pusaka adalah Valentino Febrian, putra dari Bapak Juli Saputro dan ibu Handayani yang berasal dari MAN 1 Sekadau, Fransiskus Liandra, putra dari bapak Fransiskus Linda dan ibu Imelda Ratna yang berasal dari SMA Negeri 1 Sekadau Hilir serta Gusti Fakhri Aidil N, putra dari bapak Gusti Firdaus dan ibu Sri Nurhayati yang berasal dari SMA Negeri 1 Sekadau Hilir.

Bupati Rupinus mengatakan upacara peringatan proklamasi ini rutin dilakukan setiap tahunnya, dalam rangka memperingati hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Kita hargai tentunya dalam rangka memperingati kemerdekaan salah satunya dengan melaksanakan upacara yang diadakan setiap tahun, dan juga yang paling penting kita saat ini sudah merdeka serta tidak ada lagi perang, sekarang bagaimana kita mengajak masyarakat untuk mengisi kemeriahan pada hari kemerdekaan saat ini,” ujar Bupati Rupinus.

Usai upacara Bupati Rupinus berkesempatan memberikan penghargaan kepada ASN, Kepala Desa dan kepada para pemenang lomba turnamen Bupati Cup 2018, serta siswa dan siswi berprestasi baik di bidang sains, maupun olahraga.

Kegiatan diakhiri dengan foto bersama oleh Bupati dan Wakil Bupati Sekadau, bersama pejabat dan tamu undangan yang hadir pada upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73 Kabupaten Sekadau. (Mus)

Tinggalkan Komentar