Wabup Hermanus ke Anggota Paskibraka Kubu Raya: Jadilah Pribadi yang Handal dan Memiliki Jiwa Patriot

Wakil Bupati Kukuhkan Paskibraka Kubu Raya
Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus saat mengukuhkan anggota Paskibraka Kubu Raya (Foto: ian)

Wakil Bupati Kukuhkan Paskibraka Kubu Raya

KalbarOnline, Kubu Raya – Prosesi pengukuhan Paskibraka jadi momentum yang sangat mengesankan dan sekaligus sebagai penguatan dan pemantapan bagi anggota Paskibraka Kubu Raya dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai petugas pengibar bendera merah putih pada HUT RI ke – 73 di Kabupaten Kubu Raya.

Wakil Bupati Kubu Raya Hermanus mengatakan para anggota Paskibra Kubu Raya yang sebelumnya telah mengikuti proses seleksi, pemusatan latihan, penguatan karakter kebangsaan diharapkan memiliki kepribadian yang handal dan berdaya saing serta memiliki rasa patriotisme dan nasionalisme yang kuat dan mendalam.

“Melalui Paskibra, mereka telah mendapatkan pembelajaran yang sangat berharga untuk mempersiapkan diri sebagai calon pemimpin bangsa yang memiliki integritas, kejujuran, tanggung jawab, disiplin dan percaya diri. Kita berharap agar apa yang didaptkan selama mengikuti pemusatan latihan, terus bersemi dan berkembang dengan baik dalam diri masing-masing dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat, sekolah dan keluarga,” tukas Wakil Bupati, Hermanus, Rabu (15/8/2018).

Dikatakannya, selama pemusatan latihan, para anggota Paskibra telah diberikan pula pendampingan dan pendidikan yang bermuatan membangun karakter bangsa bagi para generasi muda. Sehingga nilai-nilai perjuangan, patriotisme, nasionalisme, kebersamaan dan gotong royong, terus melekat dalam sanubari setiap anggota Paskibra.

“Sebagai bentuk tanggung jawab anggota Paskibra terutama dalam pelaksanaan upacara kenaikan dan penurunan bendera pada peringatan HUT RI ke 73 tahun ini di Kubu Raya. Melaksanakannya dengan penuh dedikasi, tanggung jawab, dan disiplin tinggi,” harap Hermanus.

Dirinya menjelaskan, generasi muda merupakan asset masa depan bangsa. Karena generasi muda akan menjadi pewaris nilai-nilai dan cita-cita perjuangan bangsa dan Negara. Menyadari hal tersebut, maka penguatan karakter kebangsaaan menjadi sangat penting untuk membekali generasi muda agar memiliki karakter nasionalisme, patrotisme dan memiliki daya saing yang handal.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina mengatakan proses seleksi telah dilakukan sebelumnya untuk mendapatkan 27 Calon Paskibra Kubu Raya, dari seluruh wilayah di Kubu Raya. Cicilia, mengatakan pihaknya bekerja sama dengan TNI dan Polri untuk melakukan pembinaan dan pendidikan bagi 27 anggota Paskibra tersebut.

“Kita sebelumnya sudah mengadakan seleksi, kemudian hasil seleksi kita karantina untuk dilakukan latihan, pembinaan dan pendidikan Paskibra. Untuk kita siapkan mental dan fisik serta kesiapan mereka untuk menjadi ujung tombak pelaksanaan upacara HUT RI ke-73 di Kubu Raya sebagai pasukan pengibar bendera,” terang Cicilia.

Cicilia berharap dengan persiapan yang cukup, anak-anak tersebut nantinya mampu menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan mensukseskan upacara kenaikan dan penurunan bendera di Kubu Raya dalam rangka HUT RI ke-73. (ian)

Tinggalkan Komentar