Eka Dorong Pembentukan KPPAD Kabupaten Kota se – Kalbar

Ketua KPPAD Kalbar, Eka Nurhayati, Didampingi Komisioner KPPAD Kalbar, Saat Konferensi Pers Terkait Perkembangan Kasus Pelecehan Seksual Oknum Jaksa Kalbar Terhadap Anak Kandung (Foto: Fat)
Ketua KPPAD Kalbar, Eka Nurhayati, Didampingi Komisioner KPPAD Kalbar, Saat Konferensi Pers Terkait Perkembangan Kasus Pelecehan Seksual Oknum Jaksa Kalbar Terhadap Anak Kandung (Foto: Fat)

KalbarOnline, Pontianak – Komisi Pengawasan dan Pelindungan Anak Daerah (KPPAD) Kalimantan Barat mendorong segera dibentuknya KPPAD di kabupaten/kota se – Kalbar. Hal ini mengingat, meningkatnya kasus kekerasan dan pelecehan seksual terhadap anak.

Ketua KPPAD Kalbar, Eka Nurhayati mengatakan saat ini hanya empat kabupaten yang sudah membentuk KPPAD tersendiri.

“Kabupaten Mempawah, Ketapang, Kayong Utara dan Kubu Raya. Selain dari empat kabupaten itu, masih belum memiliki KPPAD sendiri,” terang Eka, di kantor KPPAD Kalbar, baru-baru ini.

Baca: KPPAD Kalbar Sayangkan Langkah AJ Bawa-bawa Institusi Kejaksaan Tinggi Lakukan Pembelaan

Baca: KPPAD Kalbar Temukan Ungkapan Bahasa Baru yang Diucapkan AF ‘Pipis Papa Masuk Mulut’

Baca: AJ Sayangkan Sikap KPPAD Kalbar: Diluar Kewenangan dan Tupoksi

Eka menargetkan KPPAD kabupaten/kota di Kalbar dapat segera terbentuk dalam waktu dekat. Ini dimaksudkan untuk menanggulangi permasalahan anak yang ada di tiap daerah.

“Hal ini bisa terealisasi asalkan pihak Pemda dan instansi terkait lainnya mau bekerja sama dan proaktif mendukung terbentuknya hal ini,” tukasnya.

Meski demikian, kata Eka, ada alternatif lain apabila belum terbentuk KPPAD kabupaten/kota, untuk pengaduan sementara dapat ditangani oleh Dinas PPPA di setiap lingkungan pemerintah daerah.

Yang menjadi kendala dalam pembentukan KPPAD di tiap daerah, sebut Eka, yakni anggaran.

“Ya, salah satunya soal anggaran,” ucapnya.

Guna menanggulangi permasalahan terhadap anak, Eka berharap pemerintah daerah siap untuk turut serta menangani hal ini.

“Agar bangsa kita tidak kehilangan generasi emasnya,” tandasnya. (Fai)

Tinggalkan Komentar