Buka Lomba HUT RI di Menteng, Bupati Jarot: Semangat Kemerdekaan Harus Dirasakan Hingga Pelosok

Perayaan HUT RI ke-73 di Sintang
Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan sambutannya saat membuka rangkaian kegiatan perlombaan semarak HUT RI ke-73 di Kelurahan Menteng (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan permainan rakyat seperti misalnya lomba tarik tambang, balap karung, gebuk bantal, makan kerupuk, panjat pinang dan sebagainya selalu menghiasi perayaan HUT RI seantero bumi nusantara Indonesia.

Momen perayaan kemerdekaan RI ke-73 ini juga terasa di Kabupaten Sintang. Tak hanya daerah perkotaan saja, daerah pedesaan bahkan pelosok kampung turut menggelar berbagai lomba permainan rakyat dan hiburan dalam rangka menyemarakan HUT RI ke-73, salah satunya di RT 07/RW 03 Kelurahan Menyumbung Tengah (Menteng), Kecamatan Sintang.

Bupati Sintang, Jarot Winarno turut hadir sekaligus membuka rangkaian kegiatan di Menteng ini dengan ditandai penyerahan bola volly kepada panitia yang berlangsung di lapangan Bola Voly Kelurahan Menyumbung Tengah, Kecamatan Sintang, Senin sore (13/8/2018).

Bupati Jarot mengatakan memeriahkan Kemerdekaan Republik tidak hanya diramaikan di perkotaan namun seyogyanya bisa diramaikan di gang-gang, di kampung-kampung, di tingkat RT, di kelurahan-kelurahan dan sebagainya.

Salah satunya, kata dia, seperti yang dilakukan di RT 07/RW 03 Kelurahan Menyumbung Tengah Kecamatan Sintang ini dengan mengadakan berbagai kegiatan perlombaan. Untuk itulah, kata Bupati, dirinya hadir membuka kegiatan tersebut sehingga kemeriahan kemerdekaan bisa dirasakan semua.

“Itu artinya masyarakat yang memeriahkannya, karena selama ini kita lihat bahwa peringatan kita didominasi dengan kegiatan formal kegiatan upacara dan sebagainya. Upacara juga perlu, tetapi yang lebih penting adalah bagaimana masyarakat bisa ikut memeriahkan dengan kegiatan yang sederhana namun meriah untuk itulah saya hadir disini,” kata Bupati.

Bupati Jarot menjelaskan tema peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2018 ini adalah Kerja Nyata Prestasi Bangsa, jadi 73 tahun mengisi kemerdekaan ini harus diisi dengan kerja yang nyata meskipun sederhana namun bermanfaat buat masyarakat.

“Kegiatan seperti ini salah satu wujud kerja nyata masyarakat bisa berkumpul, silaturrahmi, ikut lomba karena bisa tercipta kekompakan masyarakat yang tanpa memandang satu sama lain, sehingga rasa persatuan, persaudaraan tetap tercipta. Jadi, kalau nyata kita kerjakan berarti nanti dikenang, kita kumpulkan semua kegiatan kita ini menjadi prestasi bangsa Indonesia,” imbuhnya.

Jarot meminta kegiatan seperti ini harus rutin dilaksanakan setiap tahunnya baik dalam rangka HUT RI maupun kegiatan hari besar lainnya agar rasa kebersamaan dalam keberagaman terus tercipta di Kabupaten Sintang.

Sementara Ketua panitia kegiatan, Ardiansyah mengatakan berbagai perlombaan yang digelar antaranya, pertandingan bola voly putra-putri, tenis meja putra-putri, tarik tambang, bola dangdut, bola bakiak, makan kerupuk dan permainan rakyat lainnya.

“Kegiatan-kegiatan ini kita laksanakan mungking hingga pertengahan bulan September 2018 nanti, karena menyesuaikan kegiatan lain juga, selain karena memang ini agenda rutin, kami juga beryukur Pak Bupati bisa hadir membuka kegiatan HUT RI di RT kami ini,” kata Ardiansyah. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar