Lepas Lomba Gerak Jalan Tingkat SD, Bupati Jarot: ‘Mens Sana in Corpore Sano’

Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan sambutannya sekaligus memotivasi peserta lomba gerak jalan tingkat SD sebelum melepas lomba (Foto: */Sg)
Bupati Sintang, Jarot Winarno memberikan sambutannya sekaligus memotivasi peserta lomba gerak jalan tingkat SD sebelum melepas lomba (Foto: */Sg)

Tanamkan tiga elemen dasar pada anak sejak dini

KalbarOnline, Sintang – Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam rangka menyemarakan Dirgahayu Republik Indonesia ke – 73, Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar lomba gerak jalan 4 kilometer putri dan 5 kilometer putra tingkat SD sederajat yang dilepas langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, di depan Pendopo Bupati Sintang, Sabtu pagi (11/8/2018).

Bupati Jarot mengatakan kegiatan lomba gerak jalan yang melibatkan anak-anak sekolah dasar yang ada di wilayah Kota Sintang ini sangat penting agar anak-anak memahami dan bisa mengimplementasikan makna ‘Mens sana in corpore sano’ yang artinya di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

“Namun itu belum cukup, tradisi bangsa kita adalah gotong-royong atau kerjasama, tiga elemen dasar ini seperti badan sehat, jiwa kuat dan gotong-royong atau kerjasama penting sejak dini kita ajarkan pada mereka,” kata Bupati Jarot.

Oleh karena itu Jarot menilai lomba gerak jalan ini akan melatih kekompakan, kedisiplinan, dan kerja sama sejak dini bagi anak-anak, terlebih memang anak-anak tingkat SD ini masih dalam bimbingan orang tua dan guru di sekolah sehingga hal-hal kecil harus diajarkan sedini mungkin agar mereka mendapatkan manfaatnya dikemudian hari.

“Hal kecil-kecil seperti ini yang kalau sejak dini sudah ditanamkan kepada mereka, tentu akan mereka petik manfaatnya dikemudian hari, seperti misalnya ‘jangan membuang sampah sembarangan’, ‘jaga kebersihan lingkungan sekolah’, mereka gotong-royong, kerjasama membersihkan lingkungan sekolahnya, saya rasa sangat baik untuk mereka, inilah tujuan dari diselenggarakannya lomba ini,” jelas Jarot.

Sementara, koordinator lomba, Pinarto mengatakan bahwa lomba ini diikuti oleh 27 regu putra dan 27 regu putri dengan jumlah peserta 918 orang.

“Regu putra akan menempuh jarak 5 KM dan regu putri akan menempuh jarak 4 KM dengan kategori penilaian yang diutamakan adalah manakala peserta tepat waktu maka nilainya atau skor yang diraih yakni 300, ini berdasarkan penilaian tingkat nasional,” terang Pinarto.

Untuk peserta lomba, jelas Pinarto, tahun 2018 ini meningkat 30 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Kata Pinarto, peserta yang ikut dan SD yang terlibat hanya di wilayah Kota Sintang, namun lanjut dia, pihaknya juga sudah membuat surat edaran ke kecamatan seperti kecamatan terdekat yakni Binjai, Kelam dan Tebelian, namun dari kecamatan tersebut tidak ada yang mengirimkan perwakilannya.

“Lomba ini hanya sampai tingkat kabupaten saja, tidak ada kelanjutannya, ini hanya untuk menyemarakan Dirgahayu Republik Indonesia ke – 73,” tutup Pinarto.

Kegiatan tersebut turut dihadiri unsur Forkopimda, Asisten II Setda Sintang, unsur OPD dan unsur terkait lainnya. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar