Panwascam Delta Pawan Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif

KalbarOnline, Ketapang – Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Delta Pawan menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Dalam Rangka Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019 yang berlangsung disalah sebuah hotel di Ketapang, Sabtu (11/8/2018).

Kegiatan sosialisasi tersebut dihadiri oleh sekitar 40 peserta yang terdiri dari berbagai kalangan mulai dari perwakilan dari sekolah-sekolah tingkat SMA/SMK, perwakilan BEM dibeberapa kampus, Karang Taruna hingga masyarakat yang ada di Kecamatan Delta Pawan yang merupakan calon pemilih baru.

Ketua Panwascam Delta Pawan, Rustam Efendi mengatakan kegiatan sosialisasi tersebut dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilu legislatif dan Presiden di tahun 2019 mendatang.

“Tujuannya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat baik dalam memberikan hak suara maupun dalam melakukan pengawasan pada pemilu tahun depan,” ungkapnya.

Menurutnya wilayah Kabupaten Ketapang yang cukup luas ini tentunya peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan juga sangat penting guna membantu meminimalisir terjadinya praktek-praktek kecurangan dalam pelaksanaan Pemilu nantinya.

“Tentu kita semua berharap pemilu berjalan lancar, aman dan jujur. Dan itu bisa diwujudkan baik dengan bekerjasama maupun sama-sama bekerja antara penyelenggara, pengawas serta seluruh elemen masyarakat,” tuturnya.

Untuk itu, Ia berharap kepada seluruh peserta yang hadir agar dapat menyampaikan materi yang telah diberikan baik mengenai strategi pengawasan hingga sanksi bagi mereka yang dengan sengaja melakukan pelanggaran Pemilu kepada masyarakat luas.

“Harapan kita semua peserta dapat menyampaikan kepada orang-orang sekitarnya khususnya mengenai pentingnya memberikan hak pilih serta meningkatkan pengawasan partisipatif diwilayah masing-masing,” pungkasnya. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar