Tumbuhkan Rasa Nasionalisme, Bhabinkamtibmas Gonis Tekam Pasang Bendera Merah Putih di Kampung Tapang Temunik

KalbarOnline, Sekadau – Bhabinkamtibmas Desa Gonis Tekam yang juga Kapospol Simpang 4 Kayu Lapis Polsek Sekadau Hilir Polres Sekadau, Brigadir Alexander Aldo, SH, melakukan kegiatan sambaing warga dan juga sekaligus pembagian serta pemasangan bendera merah putih di kampung Tapang Temunik, Dusun Sengkabang Melayang, Desa Gonis Tekam, Sekadau Hilir, Kamis sore (9/8/2018).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kades Gonis Tekam, Rizal Arafat, Babinsa Gonis Tekam, Koptu Edi, Kadus Sengkabang Melayang, Adi.

Sebanyak 6 helai bendera merah putih yang dibagikan serta dipasang di 6 rumah warga di Kampung Tapang Temunik.

“Tujuan dari pembagian serta pemasangan bendera merah putih sebanyak 6 helai di 6 rumah warga yang ada di kampung Tapang Temunik adalah untuk menumbuhkan rasa nasionalisme warga menjelang HUT Kemerdekaan RI ke-73 yang jatuh tepat pada tanggal 17 Agustus 2018 mendatang. Dan ini merupakan pertama kalinya dilakukan di Kampung Tapang Temunik,” ujar Brigadir Aldo.

Warga yang ada di kampung Tapang Temunik sekitar 6 KK (Kepala Keluarga) dengan 6 unit rumah, dan 2 Kepala keluarga juga sudah mendapatkan rumah bantuan dari pemerintah yang sudah di bangun beberapa waktu lalu yang di fasilitasi oleh Pemdes Gonis Tekam.

Yang mana akses menuju kampung Tapang Temunik harus melalui wilayah Dusun Tapang Semadak, Desa Tapang Semadak, Sekadau Hilir. Akses menuju kampung Tapang Temunik melalui Dusun Sengkabang melayang masih jalan setapak dengan melalui hutan belum ada akses jalan yang memadai, adapun melalui jalan setapak yang tidak bisa dilalui oleh kendaraan.

Sehingga akses yang dapat dilewati kendaraan hanya melalui jalan dari Dusun Tapang Semadak. Kampung Tapang Temunik juga belum ada fasilitas listrik dari negara (PLN), warga masih menggunakan lampu pelita dan mesin genset bagi yang ada.

Beberapa masyarakat kampung Tapang Temunik ada yang telah berpidah ke Dusun Gonis Rabu, Dusun Gonis Tekam, Dusun Janang Sebatu, Dusun Tapang Semadak dan Dusun Sebgkabang Melayang demi mendapatkan fasilitas yang memadai.

Tersisa 6 KK (Kepala Keluarga) saja yang masih menetap di kampung Tapang Temunik. Mengenai pendidikan, kesehatan, beribadah, dan perekonomian warga Tapang Temunik bergantung kepada Dusun Tapang Semadak, Desa Tapang Semadak, Sekadau.

Jarak dari jalan raya utama Sekadau – Sintang ke kampung Tapang Temunik melalui Dusun Tapang Semadak sekitar 2 km. Untuk jaringan telekomunikasi seluler sangat lancar yang tersambung dari jaringan seluler tower Telkomsel di Dusun Tapang Semadak. Pekerjaan dan mata pencarian warga kampung Tapang Temunik adalah bertani dan berternak.

Kades Gonis Tekam, Rizal Arafat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucap banyak terima kasih atas terlaksananya kegiatan pembagian bendera merah putih kepada warga kampung Tapang Temunik.

Selain kegiatan menyambangi, pembagian dan pemasangan bendera merah putih Bhabinkamtibmas dan juga selaku Kapospol juga memberikan himbauan kepada warga kampung Tapang Temunik yaitu tentang Stop karhutla, Penipuan melaui SMS maupun melalui panggilan telpon, anti Hoax, anti radikalisme, anti terorisme, anti premanisme, mengajak masyarakat untuk mencegah tindakan kriminalitas agar terciptanya kamtibmas yang kondusif.

Selain itu juga mengingatkan untuk kebersihan lingkungan sekitar rumah masyarakat agar terjaga dari bahaya serangan nyamuk Demam Berdarah (DBD).

Mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas di jalan raya, seperti mematuhi rambu – rambu lalu lintas, pada saat berkendara di jalan raya agar melengkapi dengan SIM, STNK, Helm, Spion dll, serta wajib menyalakan lampu utama pada siang hari agar mengurangi angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Sosialisasi tentang Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). (Mus)

Tinggalkan Komentar