Bupati Jarot Buka Lomba Masak Bahan Utama Ikan Tingkat Kabupaten Sintang 2018

Upaya tingkatkan konsumsi ikan

KalbarOnline, Sintang – Sebagai salah satu upaya untuk mensosialisasikan gemar makan ikan dan upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan, Pemerintah Kabupaten Sintang melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang menggelar lomba masak bahan utama ikan tingkat Kabupaten Sintang yang dibuka langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno di Gedung Pancasila Sintang, Selasa (7/8/18).

Bupati Jarot mengatakan dirinya sangat menyambut baik adanya lomba masak bahan utama ikan tersebut, terlebih konsumsi ikan di Kabupaten Sintang saat ini sangat rendah yakni hanya sekitar 28 kilogram perorang pertahunnya.

“Kalau angka rata-rata nasional itu 35 kilogram perorang pertahun, kalau di Indonesia timur itu daerah nelayan bisa sampai 40 kilo, makanya orang Indonesia timur itukan cerdas, tumbuhnya bagus-baguskan itu dia banyak makan ikan” kata Bupati Jarot.

Untuk itu orang nomor satu di Bumi Senentang ini meminta Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan meningkatkan konsumsi ikan di Kabupaten Sintang dengan berbagai cara seperti pemeliharaan ikan dalam kolam tarpal, kerambak dan upaya lainnya serta mensosialisasikan gemar makan ikan.

Pria yang memiliki latar belakang pendidikan dokter ini juga menjelaskan bahwa manfaat menkonsumsi ikan sangat banyak bagi tubuh manusia karena di dalam daging ikan tersebut terdapat lemak omega3 yang dapat membantu pertumbuhan otak, pertumbuhan tulang, pertumbuhan otok dan sendi-sendi, jika sering menkonsumsi ikan juga bisa mencegah serangan jantung, mengurangi depresi serta manfaat lainnya.

Baca Juga :  Buka Kegiatan Peningkatan Kesadaran Bela Negara, Henri: Tanamkan Rasa Cinta NKRI

Selain memiliki manfaat yang cukup banyak, ikan juga ungkap jarot mudah di dapat, asalkan jangan malas.

“Ikan itu juga bisa di dapat dengan usaha sendiri, dengan mancing, nyala, jermal, pukat. Kalaupun harus beli harganya pun lebih murah dari daging sapi, lebih murah dari ayam kampung, ngape orang kita ni lebih banyak makan daging sama ayam, cobalah ikan utamakan,” imbuh Bupati.

Ditambahkan Bupati Jarot bahwa tidak hanya dinas atau instansi terkait saja yang harus mensosialisasikan gemar makan ikan ataupun upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan, namun hal itu semua harus keterlibatan semua pihak di Kabupaten Sintang, sabagai contoh yakni Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, media baik cetak, elektronik maupun medsos, telebih saat ini kemajuan dan perkembangan teknologi sangat pesat sehingga mudah untuk dimanfaatkan.

Hal yang sama diungkapkan Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang, Zulkarnaen.

Ia mengatakan kegiatan lomba masak bahan utama ikan tingkat Kabupaten Sintang ini merupakan sebagai upaya untuk mensosialisasikan gemar makan ikan dan upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan seperti yang telah dijelaskan Bupati Sintang saat membuka kegiatan tersebut.

Baca Juga :  MTQ XXIII Sintang Berlangsung Sukses, Kurniawan: Kesuksesan Semua Pihak

“Kemudian yang lainnya kita menggalakkan budidaya ikan dari kerambah, dari kolam pakai terpal kemudian kolam-kolam yang ada di kecamatan itu kita sebarkan benih-benih ikan itu namanya restocking, kemudian juga ada yang namanya ikan tangkap yang diperoleh dari masyarakat nelayan yang nangkap-nangkap ikan di sungai itu kita tingkatkan juga,” kata Zulkarnaen.

Zulkarnaen menjelaskan untuk perlombaan kali ini semua peserta menggunakan bahan ikan gabus dengan proses memasaknya sesuai dengan kreasi dan kreativitas masing-masing peserta dalam mengolah ikan gabus tersebut.

“Kenapa kita menggunakan ikan gabus hari ini karena kandungan albumin pada ikan gabus sangat tinggi yang memilik bayak manfaat yang saya tau ada 14 manfaat seperti bisa menyembuhkan orang yang baru operasi, penyakit gula dan panyakit lainnya,” tambah Zul.

Kegiatan tersebut turut dihadiri Assisten II Setda Sintang, Henri Harahap, sejumlah unsur Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Sintang, pengurus PKK Kecamatan di Kabupaten Sintang dan unsur terkait lainnya. (*/Sg)

Comment