Tingkatkan Kualitas Posyandu, Pemdes Merapi Bersama WVI Gelar CVA

KalbarOnline, Sekadau – Wahana Visi Indonesia (WVI) bekerjasama dengan pemerintah Desa Merapi terus memacu para kader Posyandu di Desa Merapi. Acara yang bertajuk Kartu Penilaian yang merupakan tahapan pendekatan Suara dan Aksi Warga Negara/Citizen Voice and Action (CVA) dilaksanakan di desa Merapi, Sabtu (28/7/18).

Hadir pada acara tersebut, Kepala Desa Merapi, perangkat desa, fasilitator CVA, para Kader Posyandu Desa Merapi, Bidan desa serta anggota Koalisi Organisasi Masyarakat Peduli Anak Sekadau (KOMPAS).

Dalam sambutan pada acara pembukaan, Kepala Desa Merapi, Saleh, SY mengatakan bahwa kegiatan ini sangat baik dan positif untuk di Posyandu desanya. Karna pada acara ini para peserta yang terdiri dari Bidan, Kader Posyandu serta orang tua bayi dan balita bisa menyampaikan harapannya terkait peningkatan kualitas Posyandu.

Baca Juga :  Rangkaian Gebyar Sumpah Pemuda PKBM Tridaya Sekadau Resmi Ditutup

Dikatakan Saleh, sebelum dibina oleh WVI, Posyandu Desa Merapi belum mengalami perubahan, baik kader maupun warga. Tapi, setelah melakukan pendekatan CVA, sedikit demi sedikit perubahan mulai terjadi.

Perubahan tersebut kata Saleh, tentu terlihat dari segi pelayanan para kader terhadap peserta Posyandu.

Baca Juga :  Peringati Isra Mi’raj, Pengurus Surau Baitul Hidayah dan Bhabinkamtibmas Sungai Ringin Gelar Sejumlah Perlombaan

“Karna sebelumnya para kader diberi pelatihan dulu oleh tim dari WVI. Sehingga, para kader sudah mendapat ilmu mengenai tata cara pelayanan di Posyandu,” kata Saleh.

Lebih lanjut Saleh mengatakan bahwa kegiatan Kartu penilaian CVA adalah kegiatan WVI untuk menyerap aspirasi para kader dan peserta Posyandu Balita. Pada acara tersebut para kader bisa menyampaikan aspirasinya.

“Sebagai kepala desa saya mengucapkan terima kasih kepada WVI Sekadau, yang mana lewat proyek yang didanai oleh Uni Eropa selama ini telah banyak membantu para kader di Posyandu Desa Merapi,” ucapnya. (Mus)

Comment