Rutin Gelar Kegiatan Sambang, Polsek Ambawang Imbau Masyarakat Tak Buka Lahan Dengan Membakar

Polsek Ambawang
Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Ambawang dan Babinsa Koramil Ambawang Foto Bersama Masyarakat Setempat Dengan Spanduk Karhutla (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Kepolisian Sektor Sungai Ambawang dan Koramil Ambawang beserta warga setempat berjibaku memadamkan api di hamparan lahan seluas 2 Hektare, di Dusun Maju Sejahtera, Desa Pasak, Kecamatan Sungai Ambawang, Senin (23/7/2018).

Kejadian tersebut berawal dari kegiatan rutin patroli bersama anggota Banbinkamtibmas dan Babinsa di daerah tersebut.

“Pada saat beberapa anggota Banbinkamtibmas melaksanakan tugas patroli terpantau titik hot spot yakni kepulan asap di daerah tersebut. Setelah didatangi sumber asap itu, kobaran api sudah cukup meluas, selanjutnya dilakukan penangan yang dibantu juga warga sekitar serta anggota Babinsa yang juga ikut berpatroli bersama,” ujar, Kapolsek Sungai Ambawang, Hery Purnomo, SE.,M.Ap.

Dikatakan Hery Purnomo, api berhasil dipadamkan setelah memakan waktu sekitar satu jam. Dengan peralatan seadanya untuk mengambil sumber air, anggota Banbinkamtibmas beserta warga berjibaku dalam kepulan asap yang diduga lahan tersebut terbakar disebabkan sudah lamanya tidak turun hujan sehingga menyebabkan kekeringan.

“Dugaan sementara faktor alam yang sudah lama tidak turun hujan. Alhamdulilah, pada saat itu tidak ada yang dirugikan maupun korban akibat peristiwa tersebut. Kita juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan apalagi pada musim kemarau,” ucapnya.

Sementara itu dikesempatan yang berbeda, Bupati Kubu Raya, H. Rusman Ali, SH mengimbau jajaran tingkat RT, Desa dan Camat untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Hal tersebut diketahuinya, pola para petani yang melakukan cocok tanam atau berladang sering berpindah-pindah, tidak menutup kemungkinan adanya pembakaran lahan disebabkan proses itu justru lebih cepat.

“Karena lahan di Kubu Raya ini begitu luas, untuk itu jangan membuka lahan dengan cara membakar, tentunya hal tersebut akan menyusahkan orang lain bahkan bisa menyulitkan diri sendiri. Untuk itu, dimanapun masyarakat Kubu Raya berada, tolong jangan ada cara membakar lahan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” tegas, Rusman Ali, saat ditemui usai pengambilan sumpah dan janji PNS. (ian)

Tinggalkan Komentar