Jadi Korban Lakalantas, Pilot Lion Air Meninggal Dunia di Madinah

KalbarOnline, Internasional – Salah seorang pilot maskapai Lion Air meninggal dunia di Madinah, Arab Saudi, (21/7/2018). Adalah Captain Bambang Sugiri (64) yang menjadi korban kecelakaan lalu lintas di Arab Saudi. Saat ini jenazah almarhum Captain Bambang Sugiri sedang diurus oleh Tim Perbantuan Haji Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Jeddah di Madinah.

Melalui keterangan persnya, Tim Perbantuan Haji KJRI Jeddah, mengatakan bahwa Bambang Sugiri merupakan pilot dari Maskapai Lion Air yang berasal dari Serpong Tangerang, Banten, Minggu (22/7/2018).

Informasi kejadian, ungkap salah seorang anggota Tim Media KJRI Jeddah, Fauzy Chusny, diperoleh dari perawat WNI yang bekerja di Rumah Sakit Uhud, Madinah, Desi Arisanti.

Seperti dikutip dari Antara.

Tim kemudian mendatangi rumah sakit tempat jenazah disemayamkan untuk melakukan koordinasi dilanjutkan dengan mendatangi rekan-rekan korban di penginapan yang berjarak sekitar 100 meter dari rumah sakit.

Rekan korban, Widjanarko Tri Istiadi menuturkan bahwa saat itu dirinya menemani Captain Bambang Sugiri berbelanja di salah sebuah swalayan dekat penginapan mereka.

Baca Juga :  Langkah Kemenlu Terkait Penemuan Jenazah WNI Dalam Koper di Makkah

Peristiwa terjadi sekitar pukul 14:30 waktu setempat saat korban bersama rekan-rekannya menyeberang jalan selepas berbelanja di sebuah swalayan dekat penginapannya.

Namun nahas, sebuah mobil juga sedang melaju kencang yang seketika merenggut nyawa korban.

Captain Taufik Hidayat, rekan korban lainnya, menuturkan tentang tugas para pilot Lion di Saudi, di mana Lion Air setiap tahun selama musim haji, disewa oleh Maskapai Flynas untuk mengangkut jamaah haji dari kawasan Afrika dan India.

Tim KJRI kemudian menghubungi istri korban, Dharnawati yang berada di Indonesia dan menjelaskan prosedur dan dokumen yang diperlukan untuk mengurus pemakaman jenazah di Arab Saudi.

Mendapat laporan peristiwa ini, Konjen RI Jeddah, Mohamad Hery Saripudin, memerintahkan Tim Perbantuan Haji di Madinah terus mengawal kasus ini sampai tuntas.

Sementara itu, pengemudi mobil yang menabrak korban, sudah ditahan pihak Kepolisian untuk kepentingan penyidikan.

Kejadian ini juga dibenarkan oleh Lion Air, bahwa salah seorang pilot maskapai Lion Air meninggal dunia di Madinah bernama Captain Bambang Sugiri.

Baca Juga :  Seorang Polisi Tewas setelah Terluka dalam Kerusuhan di Gedung Capitol

Berdasarkan siaran pers yang diterima KalbarOnline, Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group turut menyampaikan rasa duka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya salah satu penerbang (pilot) atas nama Captain Bambang Sugiri di Madinah, Arab Saudi, (22/7/2018).

Lion Air telah menyerahkan dan bekerjasama dengan pihak Kedutaaan Besar Republik Indonesia di Saudi Arabia terkait peristiwa atas kecelakaan yang terjadi di jalan raya yang menimpa almarhum Captain Bambang Sugiri, pada Sabtu (21/7/2018).

Lion Air juga telah bekerjasama dengan berbagai pihak dalam proses penanganan jenazah, sehingga mendapatkan layanan pengurusan terbaik. Rencananya almarhum akan dimakamkan hari ini (22/7/2018) di Madinah berdasarkan hasil keputusan dari keluarga.

Almarhum Captain Bambang Sugiri merupakan pilot senior Boeing 737NG, bertugas di Madinah selama musim haji untuk mengangkut jemaah dari negara Afrika dan India. (Rock)

Comment