Bupati dan Uskup Resmikan Gereja Katolik Tapang Sepati

Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Membuka Tirai Papan Nama Gereja, Sebagai Rangkaian Peresmian Gereja Katolik Tapang Sepati (Foto: */Mus)
Bupati Sekadau, Rupinus, Saat Membuka Tirai Papan Nama Gereja, Sebagai Rangkaian Peresmian Gereja Katolik Tapang Sepati (Foto: */Mus)

Rupinus : Kehadiran gereja, selain untuk meningkatkan keimanan juga dapat meningkatkan rasa persaudaraan dengan semua orang

KalbarOnline, Sekadau – Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si, bersama Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, SH., M.Si dan Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Yulius Mencucini, CP meresmikan Gereja Katolik Santo Vinsensius Dusun Sepati, Desa Semabi, Kecamatan Sekadau Hilir, Selasa (10/7/2018).

Hadir mendampingi Bupati Rupinus, sejumlah Kepala Dinas, Dirut Rumah Sakit, tokoh masyarakat, para pastor, frater, bruder dan umat katolik Dusun Tapang Sepati.

Kedatangan rombongan Bupati Sekadau disambut antusias oleh umat Katolik Dusun Tapang Sepati. Iring-iringan tariat adat dayak menambah semaraknya acara peresmian Gereja Katolik Vinsensius Tapang Sepati ini.

Bupati Rupinus didaulatkan memancong buluh muda dan injak telur sebagai wujud penghormatan umat katolik kepada tamu agung.

Bupati Rupinus juga didaulatkan untuk membuka tirai papan nama tanda diresmikannya Gereja katolik Tapang Sepati. Setelah acara peresmian, dilanjutkan dengan pemberkatan bagian luar dan dalam gereja, setelah itu dilanjutkan dengan misa syukur dan memberian skaramen krisma kepada 45 orang Umat Katolik Tapang dan umat lainnya di desa semabi oleh yang mulia Uskup Keuskupan Sanggau Yulius Mencucini, CP.

Bupati Rupinus mengatakan Pemerintah kabupaten Sekadau mendukung pembangunan tempat ibadah di Kabupaten Sekadau sebagai seperti Gereja, Masjid dan rumah ibadah lainnya.

“Kita mendukung dan menyambut baik pembangunan tempat ibadah di kabupaten sekadau,” papar Bupati.

Bupati berpesan, supaya gedung gereja katolik yang baru saja diresmikan dan diberkati oleh Uskup Keuskupan Sanggau ini, dipelihara dan dirawat dengan baik dan sungguh sungguh karena membangun itu gampang tetapi merawatnya susah.

“Untuk itu diperlukan kekompakan dan kebersamaan umat dalam menjaga dan merawat bangunan gereja yang menjadi kebanggaan umat katolik di Dusun tapang Sepati,” ujarnya.

Dan yang lebih penting sebut Bupati Rupinus bahwa kehadiran gedung gereja ini dapat meningkat iman dan rasa persaudaraan yang tinggi dengan siapaa saja.

Sementara itu dalam sambutannya Uskup Keuskupan Sanggau Sanggau Yulius Mencucini, CP memberikan apresiasi umat Katolik Tapang Sepati yang sudah berhasil membangun gereja yang cukup megah ini.

“Umat katolik di Tapang Sepati sudah berhasil membangun gedung gereja yang megah, hal ini mencerminkan iman umat Dusun Tapang Sepati akan tuhan sudah semakin baik dan berkembang. Menurut Uskup asal Italia ini Gereja yang dibangun dengan susah payah oleh umat Katolik Tapang sepati ini melambangkan bukti umat mencintai dan dekat dengan tuhan, bukti kebaktian umat kepada tuhan dan bukti perutusan umat kepada tuhan.

“Apa guna mendririkan gereja yang sudah megah kalau tidak digunakan untuk sembayang. Umat mendirikan gereja ini bukti umat mencintai tuhan, untuk itu gereja ini harus diisi dengan kegiatan-kegiatan rohani, bila mana ada masalah, ajak umat berdoa di gereja,” pesan Uskup.

Uskup juga meminta umat katolik untuk tidak malu mengaku dirinya Katolik.

“Menjadi orang katolik harus bangga dan jangan malu. Orang Katolik harus berani dan bangga meyatakan dirinya Katolik,” pesan Uskup. (*/Mus)

Tinggalkan Komentar