Sah, Sutarmidji – Ria Norsan Menangkan Pilgub Kalbar 2018 Dengan Perolehan 51,56 Persen Suara

Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilgub Kalbar 2018 oleh KPU Kalbar

KalbarOnline, Kubu Raya – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalimantan Barat menggelar Rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018 di tingkat Provinsi Kalimantan Barat, di Qubu Resort, Jalan Arteri Supadio, Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (8/7/2018).

Pleno rekapitulasi ini dihadiri oleh seluruh perwakilan KPU kabupaten/kota, Bawaslu Provinsi, Bawaslu kabupaten/kota, Forkopimda, tim sukses dan para saksi dari tiga pasangan calon (paslon) Pilgub Kalbar 2018.

Baca Juga: Rekapitulasi KPU, Sutarmidji – Ria Norsan Menangkan Pilgub Kalbar 2018

Pleno ini dibuka dan dipimpin langsung oleh Ketua KPU Kalbar, Ramdan didampingi anggota Komisioner KPU Kalbar.

“Pelaksanaan rekapitulasi penghitungan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat disaksikan oleh saksi pasangan calon, serta diawasi oleh Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat untuk melaksanakan rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat,” kata Ramdan, saat membacakan berita acara rekapitulasi.

Baca Juga :  DPRD Kalbar Setujui Raperda RZWP3K Kalbar 2018-2038 Jadi Perda
Total Perolehan Suara Pilgub Kalbar Berdasarkan Hasil Pleno di 14 Kabupaten/Kota se - Kalbar (Foto: RMN)
Total Perolehan Suara Pilgub Kalbar Berdasarkan Hasil Pleno di 14 Kabupaten/Kota se – Kalbar (Foto: RMN)

Pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) berdasarkan pleno ini, ditetapkan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih Kalimantan Barat periode 2018 – 2023 dengan perolehan suara terbanyak.

Berikut total perolehan suara masing-masing pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur berdasarkan suara tertinggi, pasangan nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) memperoleh sebanyak 1.334.512 suara sah atau 51,56 persen, disusul paslon nomor 2, Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot yang memperoleh sebanyak 1.081.878 suara sah atau 41,79 persen.

Baca Juga :  Selain Kampanye, Sutarmidji dan Ria Norsan Juga Edukasi Masyarakat Peduli Pilkada

Sedangkan paslon nomor urut 1, Milton Crosby dan Boyman Harun berada diposisi paling buncit yakni dengan perolehan sebanyak 172.151 suara sah atau 6,65 persen.

Adapun total jumlah suara sah sebanyak 2.588.541 suara, jumlah suara tidak sah sebanyak 54.933 suara dengan total keseluruhan suara sah dan tidak sah sebanyak 2.643.474 suara.

Diketahui bahwa pada Pilgub Kalbar 2018 ini, pasangan Sutarmidji – Ria Norsan diusung oleh Partai Golkar, Partai Nasdem, PKB, PKS, dan Partai Hanura.

Sementara pasangan Karolin-Gidot diusung partai PDI Perjuangan, Partai Demokrat dan PKPI.

Sedangkan pasangan Milton-Boyman diusung Partai Gerindra dan PAN.

Ratusan aparat keamanan dari Kepolisian dan TNI dikerahkan pada rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar 2018 tingkat provinsi ini. (Fai)

Comment