Posyandu Mekarsari Raih Penghargaan Pakarti Madya I Pelaksana Terbaik Posyandu

Kategori kota tingkat Nasional tahun 2018

KalbarOnline, Pontianak – Posyandu Mekarsari Binaan Tim Penggerak PKK Kota Pontianak berhasil meraih penghargaan Pakarti Madya I Pelaksana Terbaik Posyandu Kategori Kota tingkat Nasional tahun 2018, penghargaan itu diserahkan langsung oleh Ketua Umum Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Pusat, dr. Erni Guntarti Tjahjo Kumolo kepada Kustanti selaku Ketua Posyandu Mekarsari Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan pada Peringatan Hari Keluarga Nasional ke 25 di Kota Manado, Sulawesi Utara, Jumat (6/7/2018).

“Kita bersyukur Alhamdulillah, berkat kerja keras dan perjuangan seluruh kader posyandu dalam memotivasi warga agar membawa balita ke Posyandu membuahkan prestasi tingkat nasional,” ujar Darmanelly selaku Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Kota Pontianak usai mendampingi Kustanti menerima penghargaan.

Menurut Darmanelly, penghargaan yang didapat bukanlah hasil yang mudah untuk diraih perlu proses yang panjang, dimulai dengan penilaian terhadap kebijakan Pemda, sumber biaya, SDM dan poin terpenting adalah bagaimana peran serta masyarakat untuk mendukung suksesnya pelaksanaan posyandu di setiap wilayah.

Baca Juga :  Sutarmidji: Kalau Tidak Taat Aturan, Ilegal !

“Inovasi kader juga penting dalam memotivasi warga masyarakat, hal ini bisa dilihat berupa output hasil cakupan yg tinggi selaras dengan tingginya derajat kesehatan masyarakat terutama balita,” ujar Darmanelly.

Lanjutnya, setiap bulan balita harus di timbang dan dipantau kesehatannya sehingga tidak lagi ditemukan gizi kurang apalagi gizi buruk.

“Selain digunakan untuk penimbangan balita, Posyandu juga bisa digunakan untuk kegiatan kemasyarakatan lainnya seperti kegiatan remaja, kegiatan lansia dan forum anak,” jelas Darmanelly yang juga merupakan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak Kota Pontianak.

Dengan diterimanya penghargaan Pakarti Madya I Pelaksana Terbaik Posyandu Kategori Kota tingkat Nasional tahun 2018 menjadi penyemangat bagi kader posyandu agar bisa meraih prestasi lebih baik lagi.

“Keberhasilan ini tentulah berkat dukungan banyak pihak seperti ketua TP PKK Kota Pontianak, Hj. Lismaryani Sutarmidji, OPD terkait, lembaga masyarakat, tokoh agama dan tokoh masyarakat, semua harus satu visi untuk menuju masyarakat yang hidup sehat dan sejahtera,” pungkasnya.

Baca Juga :  Antisipasi Cuaca Ekstrem, PLN Bersihkan Jaringan Transmisi dari Ancaman Pohon

Hal senada juga diungkapkan oleh Kustanti ketua Posyandu Mekarsari Kelurahan Parit Tokaya Kecamatan Pontianak Selatan.

“Saya merasa sangat senang, bangga dan tambah bersemangat dalam memotivasi warga agar rutin ke Posyandu,” ujar Kustanti.

Meskipun belum berhasil meraih Penghargaan Pakarti Utama I Pelaksana Terbaik Posyandu Tahun 2018, tak membuat kader posyandu Mekarsari patah semangat apalagi menurut informasi kenapa posyandu Mekarsari tidak Juara I atau mendapat penghargaan Pakarti Utama I padahal sudah dikunjungi oleh Menteri kesehatan pada saat penilaian, hal ini lebih disebabkan oleh cakupan yang belum maksimal, masih ada balita yang tidak tercatat dan ditimbang sehingga kenaikan berat badannya tidak terpantau.

“Tentu yang menjadi kekurangan kita akan dievaluasi dan kita perbaiki agar semakin tahun semakin baik, bukan mustahil tahun berikut nya kita bisa meraih prestasi yang lebih baik dari tahun ini,” ujar Kustanti penuh semangat. (Mau)

Comment