Bupati Sintang dan Wakil Ketua Komisi V DPR-RI Hadiri Gawai Dayak di Desa Ensaid Panjang

KalbarOnline, Sintang – Sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, masyarakat Desa Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam Permai, Kamis (5/7/2018) melaksanakan Gawai Adat Dayak 2018 di rumah Betang, dengan dengan Tema ‘Gayu Guru Gerai Nyamai’ yang dihadiri Bupati Sintang, Jarot Winarno serta didampingi Anggota Komisi V DPR-RI, Lasarus, S.Sos., M.Si.

Pesta adat Gawai Dayak di Desa Ensaid Panjang yang cukup meriah ini dihadiri ribuan masyarakat setempat, yang diwarnai dengan hiburan musik orgen tunggal serta acara ritual adat.

Bupati Jarot menyatakan bahwa gawai Dayak yang merupakan tradisi kearifan lokal masyarakat daerah wajib terus dijaga, termasuk kerajinan tenun ikat Dayak termasuk manik-manik.

Baca Juga :  Soeharto: Nyatanya Saya Tidak Korupsi

“Karena setiap tahunnya pemerintah melakukan penganugrahan Pesona Indonesia dan Desa Ensaid Panjang, Kecamatan Kelam masuk nominasi 10 besar yang akan mendapatkan penghargaan Desa Adat terbaik, untuk itu diharapakan masyarakat bersama-sama tetap menjaga tradisi, budaya dan kearifan lokal yang kita miliki ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Gawai Dayak yang juga Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Sintang, Florensius Roni menyatakan bahwa pihaknya mengucapkan banyak terima kasih atas peran Pemerintah Kabupaten Sintang yang telah memberikan batuan dana untuk kegiatan Gawai Dayak di Desa Ensaid Panjang ini.

Baca Juga :  Penjelasan Lengkap Wiranto Terkait Berakhirnya Kerusuhan dan Penyanderaan di Mako Brimob

Pihaknya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat sekitarnya yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan Gawai Dayak ini.

“Dan diharapkan kedepan akan menjadi agenda tahunan, yang bisa menjadi salah satu daya tarik wisata bagi para wisatawan domestik maupun manca negara,” ujarnya.

Turut hadir sejumlah Kepala Dinas, pejabat Forkopimda, serta tokoh masyarakat. (*/Sg)

 

Comment