Ratusan Personil Gabungan Amankan Jalannya Rapat Pleno Pilgub Kalbar KPU Ketapang

Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Pengumuman Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Ketapang Pada Pilgub Kalbar 2018 (Foto: Adi LC)
Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi dan Pengumuman Hasil Penghitungan Suara Tingkat Kabupaten Ketapang Pada Pilgub Kalbar 2018 (Foto: Adi LC)

KalbarOnline, Ketapang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ketapang menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar tahun 2018. Kegiatan Pleno tersebut berlangsung disalah satu hotel di Ketapang, Kamis (5/7/2018).

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Kabupaten Ketapang, pasangan calon (paslon) nomor 1, Milton Crosby dan Boyman Harun meraih 14.366 suara, paslon nomor urut 2, Karolin Margret Natasa dan Suryadman Gidot meraih 87.241 suara, sementara paslon nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) berhasil unggul dengan total suara 125.140 suara.

Proses rekapitulasi dilakukan dengan membaca satu per satu hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon di 20 kecamatan. Rekapitulasi dimulai sejak pukul 09.30 WIB yang dihadiri oleh seluruh Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Ketapang, Panwaslu, saksi ketiga paslon serta Forkompimda. Rapat pleno tersebut dijaga ketat aparat gabungan baik dari TNI-Polri hingga Satpol PP Ketapang.

Kapolres Ketapang, AKBP Sunario melalui Kabag Ops Polres Ketapang, Kompol Alfan mengatakan untuk pengamanan pada sidang pleno yang digelar KPU Ketapang, pihaknya mengerahkan personil Polres dan anggota gabungan dari Kodim 1203, Satpol PP hingga Brimob.

Ratusan Personil Gabungan Amankan Jalannya Rapat Pleno Pilgub Kalbar KPU Ketapang (Foto: Adi LC)
Ratusan Personil Gabungan Amankan Jalannya Rapat Pleno Pilgub Kalbar KPU Ketapang (Foto: Adi LC)

“Untuk pengamanan Polres Ketapang menurunkan sebanyak 120 personil, dari Kodim 1203 sebanyak 40 personil, Satpol PP sebanyak 40 personil serta dari Brimob ada 20 personil,” ujarnya disela-sela pelaksanaan pleno.

Ia menerangkan bahwa pengamanan jalannya pleno dibagi dalam tinga ring, yaitu di ring satu ada anggota yang berada didalam ruangan kemudian di ring dua pada pintu masuk sedangkan ring tiga di luar gedung. Pengamanan dilakukan pihaknya sejak tadi malam dengan mensterilkan lokasi kegiatan dan akan terus dilakukan hingga pelaksanaan pleno selesai.

“Pengamanan tergantung KPU selesainya kapan, kita siap siaga karena kalau terjadi sesuatu kita sudah siap kalau ada mau berbuat keributan atau melakukan pidana akan kita langsung amankan,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Ketapang, Tedi Wahyudin saat dikonfirmasi mengaku bersyukur terhadap suksesnya semua tahapan Pilgub yang berlangsung di Ketapang termasuk suksesnya tahapan pleno tingkat kabupaten.

“Alhamdulillah proses rekapitulasi selesai tanpa ada halangan dan semua pihak telah setuju serta menandatangani perolehan suara yang ada,” ujarnya usai memimpin rapat pleno. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar