Rekapitulasi KPU Singkawang, Midji – Norsan Unggul Dengan Perolehan 52.023 Suara Sah

KalbarOnline, Singkawang – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kota dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat tahun 2018 yang di gelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Singkawang telah selesai.

Hasilnya, pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar nomor urut 3 (tiga) Sutarmidji – Ria Norsan (Midji-Norsan) berhasil unggul.

Berdasarkan hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Kota Singkawang, paslon nomor urut 1, Milton Crosby dan Boyman Harun memperoleh sebanyak 1.732 suara sah, paslon nomor urut 2, Karolin Maragaret Natasa dan Suryadman Gidot memperoleh sebanyak 37.330 suara sah, sementara paslon nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) unggul dengan total perolehan sebanyak 52.023 suara sah.

Total Perolehan Suara Pilgub Kalbar Berdasarkan Hasil Pleno di 14 Kabupaten/Kota se - Kalbar (Foto: RMN)
Total Perolehan Suara Pilgub Kalbar Berdasarkan Hasil Pleno di 14 Kabupaten/Kota se – Kalbar (Foto: RMN)

Pemilih yang hadir ke TPS sebanyak 92.106 orang dari DPT yang ditetapkan sebanyak 147.219 orang. Seluruh suara sah sebanyak 91.085 dan suara tak sah sebanyak 1.021.

Adapun rincian perolehan suara masing-masing pasangan calon di tiap kecamatan se-Kota Singkawang, sebagai berikut;

Kecamatan Singkawang Barat, pasangan calon nomor urut 1, Milton Crosby dan Boyman Harun memperoleh sebanyak 203 suara, pasangan nomor urut 2, Karolin Maragaret Natasa dan Suryadman Gidot memperoleh sebanyak 11.187 suara dan pasangan nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) memperoleh sebanyak 7.350 suara.

Kecamatan Singkawang Selatan, pasangan nomor urut 1, Milton Crosby dan Boyman Harun memperoleh sebanyak 415 suara, pasangan nomor urut 2, Karolin Maragaret Natasa dan Suryadman Gidot memperoleh sebanyak 11.282 suara dan pasangan nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) memperoleh sebanyak 7.976 suara.

Kecamatan Singkawang Tengah, pasangan nomor urut 1, Milton Crosby dan Boyman Harun memperoleh sebanyak 393 suara, pasangan nomor urut 2, Karolin Maragaret Natasa dan Suryadman Gidot memperoleh sebanyak 6.038 suara dan pasangan nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) memperoleh sebanyak 23.615 suara.

Kecamatan Singkawang Timur, pasangan nomor urut 1, Milton Crosby dan Boyman Harun memperoleh sebanyak 368 suara, pasangan nomor urut 2, Karolin Maragaret Natasa dan Suryadman Gidot memperoleh sebanyak 6.555 suara dan pasangan nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) memperoleh sebanyak 2.097 suara.

Kecamatan Singkawang Utara, pasangan nomor urut 1, Milton Crosby dan Boyman Harun memperoleh sebanyak 353 suara, pasangan nomor urut 2, Karolin Maragaret Natasa dan Suryadman Gidot memperoleh sebanyak 2.268 suara dan pasangan nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji-Norsan) memperoleh sebanyak 10.985 suara.

Proses rekapitulasi suara Pilgub Kalbar di Kota Singkawang berlangsung lancar. Tak ada perdebatan diantara pihak-pihak yang terlibat, baik dari penyelenggara, tim saksi pasangan calon maupun lembaga pemantau pemilu.

Proses rekapitulasi dilakukan dengan membaca satu per satu hasil perolehan suara masing-masing pasangan calon di 5 kecamatan. Rekapitulasi dimulai sejak pukul 09.30 WIB yang dihadiri oleh seluruh Panitia Penyelenggara Kecamatan (PPK) se-Kota Singkawang, Panwaslu, saksi ketiga paslon Pilgub Kalbar, serta Forkopimda yang berlangsung di Aula Hotel Sentosa, Rabu (4/7/2018).

Ketua KPU Singkawang, Riko mengatakan, pihaknya sudah melakukan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kota.

“Jadi proses selanjutnya, kotak suara dan hasil penghitungan suara ini akan kita kirim ke KPU Provinsi pada Kamis (5/7/2018),” katanya.

Dimana nanti, rekapitulasi penghitungan suara juga akan dilakukan KPU Provinsi pada tanggal 7-9 Juli 2018.

Kepada tim pasangan calon, diimbau untuk dapat menahan diri dengan tidak melakukan reaksi-reaksi yang tidak baik terhadap hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Kota Singkawang.

“Kepada paslon yang unggul maupun yang tidak unggul, mari kita sama-sama menahan diri. Artinya, paslon yang unggul jangan terlalu euforia, sedangkan paslon yang tidak unggul diharapkan berlapang dada serta ikhlas menerima hasil rekapitulasi kita pada hari ini,” pintanya.

Sementara, Ketua Panwaslu Singkawang, H. Zulita mengatakan, rekapitulasi perhitungan yang dilakukan KPU Singkawang merupakan hasil Pilgub yang dilaksanakan pada 27 Juni kemarin khususnya di Kota Singkawang.

Zulita menilai bahwa semua tim maupun saksi dari pasangan calon sangat kooperatif menerima hasil rekapitulasi yang dilakukan KPU Singkawang.

Mengingat kegiatan selanjutnya akan menyambut Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres), dia mengajak kepada semua elemen masyarakat untuk terus mengawal pesta demokrasi itu dari awal sampai selesai nanti. (Fai)

Tinggalkan Komentar