Kampanyekan MR, Berikut Penjelasan Dinkes KKR

Kampanye Measles Rubella (Foto: ian)
Kampanye Measles Rubella (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya mengkampanyekan vaksinasi campak dan Rubella di aula Hotel Dango, Sui Raya, Kubu Raya.

Melalui kampanye tersebut, Dinas Kesehatan Kubu Raya mengenalkan produk Imunisasi Measles Rubella (MR) kepada para petugas Puskesmas tingkat Kecamatan Kubu Raya.

“Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan cakupan imunisasi terutama imunisasi dasar lengkap. Kemudian untuk meningkatkan kualitas imunisasinya dimana kualitas tersebut, akan berintregrasi dari umur balita hingga anak usia 15 tahun dan imunisasi ini akan kita berikan secara serempak,” ucap Kepala Dinas Kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani.

Dijelaskan Berli, diantara umur pasien tersebut ada juga yang telah sampai pada tingkatan dosis booster (pemeliharaan-Red). Sehingga pada dosis booster tersebut maka anak tersebut akan terproteksi hingga seumur hidup.

“Adapun pelaksanaan MR akan diadakan disetiap Puskemas se-Kabupaten Kubu Raya. Pada bulan imunasasi anak sekolah yakni di bulan Oktober, yang kemudian satu bulan berikutnya akan diulang lagi, serta pada pemberian ketiga kalinya pada bulan Febuari 2019,” paparnya.

Selain itu diterangkan Berli untuk wilayah Kubu Raya sendiri cakupan imunisasi pada anak usia balita dan anak usia 15 tahun di tahun 2016 masih sekitar 60 persen. Namun angka tersebut di tahun 2017 mengalami perubahan yang signifikan yakni 82 persen untuk Universal Child Immunization dan imunisasi dasar lengkap.

“Jadi kalau dari sisi peningkatan kita sudah sangat tinggi serta drastis. Tetapi secara target, pencapaian kita masih dibawah target yaitu 83 persen yang ditargetkan secara nasional berkisar 90 persen. Namun dari peningkatan kita meningkat hingga 20 persen,” ulasnya.

Dirinya juga menyarankan kepada warga di Kubu Raya agar meningkatkan kekebalan tubuh terutama pada umur balita dan anak usia 15 tahun dengan cara para orang tua anak untuk berperan aktif dalam memberikan imunisasi lengkap kepada anak-anaknya.

“Program imunisasi ini penting untuk kesehatan masyarakat. Karena, apabila penyakit-penyakit itu menyerah tubuh dan tidak ada imunisasi diberikan maka sulit untuk diobati. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir tentang mutu dan kualitas MR tersebut, karena sudah melalui mekanisme yang ada,” jelasnya. (ian)

Tinggalkan Komentar