Saling Memaafkan, Setda Ketapang Gelar Halalbihalal

KalbarOnline, Ketapang – Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Sekretariat daerah kantor Bupati Ketapang menggelar Halalbihalal untuk bersalaman sebagai ungkapan saling memaafkan agar yang haram menjadi halal, tradisi ini biasanya diselenggarakan usai Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Kegiatan halalbihalal yang dihadiri oleh Wakil Bupati Ketapang, Drs. H. Suprapto, S, Pj Sekda Drs. Heronimus Tanam, ME, para Asisten, Kepala Badan dan Kepala Bagian serta ratusan ASN dan tenaga kontrak di lingkungan Sekretariat daerah Ketapang berlangsung di lantai dasar Kantor Bupati Ketapang, Senin (2/7/2018).

Penjabat Sekretaris Daerah, Drs. Heronimus Tanam, ME, dalam sambutannya mengatakan kegiatan halalbihalal tersebut disatukan antara dharma wanita dan pegawai di lingkungan Sekretariat daerah kantor Bupati Ketapang.

Halalbihalal di lingkungan sekretariat Kantor Bupati Ketapang merupakan kegiatan yang pertama kali dan akan selalu diadakan setiap tahunnya,” ungkap Pj Sekda, Heronimus Tanam.

Menurutnya halalbihalal merupakan kebiasaan baik masyarakat Indonesia dan tradisi ini hanya ada di Indonesia, untuk saling memaaf-maafkan atau menghalal-halalkan.

“Ketika sama-sama menghalakan maka itu jadi baik, momen halalbihalal ini sarana kita untuk bertemu,” kata dia.

Dia berharap dengan telah menjalani ibadah puasa kita bisa mememeriksa bathin kita masing-masing karena puasa merupakan sarana mengoreksi diri kita masing-masing, sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) dalam melaksanakan tugas sehari-hari maupun terhadap keluarga kita.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesadaran Masyarakat Terhadap Karhutla, YIARI Ketapang Gelar Media Training

“Kami sebagai pimpinan di sekretariat daerah ini juga memohon maaf atas segala yang telah lalu, demikian juga antara staf dengan atasan dan sebaliknya maupun sama sama staf karena sebagai manusia ada kata atau perbuatan yang kurang menyenangkan perlu kita hapus selama pertaubatan kita selama menjalankan ibadah puasa dan kita lapangkan waktu kita sewaktu lebaran maupun di acara halalbihalal ini,” terang dia lagi.

Sementara, Wakil Bupati Ketapang, Drs. H. Suprapto, S memberikan apresiasi kepada Penjabat Sekda, Drs. Heronimus Tanam, ME yang sejak menjabat Pj Sekda melakukan hal pertama halalbihalal ini.

Meskipun sewaktu lebaran Wabup telah menggelar open house selama sehari setengah dengan memberikan kesempatan para pegawai dan masyarakat sekitar untuk berkunjung saling bermaaf-maafan.

“Kami tidak bisa membalas kunjungan bapak ibu, karena bisa bayangkan hanya pegawai saja jumlahnya banyak belum lagi masyarakat disekitarnya,” kata Wabup.

Momen halalbihalal ini sangat bagus, kedepannya Wabup berharap bukan hanya di lingkup sekretariat tetapi Dinas dinas bisa diundang, karena kita tidak ada waktu banyak untuk saling berkunjung karena momen ini bagus untuk salig maaf-bermaafan.

Baca Juga :  Bupati Martin Buka Sosialisasi Perkebunan Sawit Perumda Ketapang Mandiri

“Sewaktu di kantor ada sesuatu yang membuat kita tidak enak baik sesama kawan, atasan dan bawahan, hari ini kita bermaaf-maafan tidak ada lagi kesalahan di hati kita masing-masing,” ucapnya lagi.

Setelah melakukan halalbihalal ini, Wabup menghimbau kepada ASN untuk bisa bekerja dengan baik dengan perasaan aman karena menurutnya kita adalah satu keluarga besar pemerintah Kabupaten Ketapang.

“Hari ini kita sama sama melepaskan rasa iri dengki rasa tidak nyamamn setelah ini mari kita bekerja dengan baik kita masing-maisng punya tanggung jawab sebagai PNS yang mengemban birokrasi pemerintahan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di Kabupaten Ketapang,” kata Wabup.

Setelah mendengarkan sambutan Penjabat Sekda dan Wakil Bupati Ketapang, seluruh ASN dan tenaga kontrak mendengarkan siraman rohani dari Ustad Zulkainaen, S.Ag dari Kementerian Agama Ketapang.

Selanjutnya, seluruh pegawai yang hadir secara bergantian berjabat tangan dan saling maaf-memaafkan kepada Wakil Bupati, PJ Sekda, Asisten, Staf Ahli dan Kepala Badan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Ketapang. (*/Adi LC)

Comment