Poltracking Indonesia Rilis Hasil Quick Count Pilkada 2018 di Sejumlah Provinsi

Tiga Pasangan Calon di Pilgub Kalbar 2018, Foto Bersama Sebelum Debat Berlangsung (Foto: Fat)
Tiga Pasangan Calon di Pilgub Kalbar 2018, Foto Bersama Sebelum Debat Berlangsung (Foto: Fat)

KalbarOnline, Nasional – Poltracking Indonesia mengadakan Quick Count Pilkada di tiga provinsi, Jawa Timur, Jawa Barat dan Kalimantan Barat pada Rabu, 27 Juni 2018. Hasil Quick Count menunjukkan pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak unggul di Pilkada Provinsi Jawa Timur, pasangan Ridwan Kamil – UU Ruzhanul Ulum unggul di Pilkada Provinsi Jawa Barat dan pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul di Pilkada Provinsi Kalimantan Barat.

Pasangan Khofifah Indar Parawansa – Emil Elestianto Dardak unggul dengan perolehan suara 54,2%, kemudian diikuti oleh pasangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur Soekarno dengan perolehan suara 45,8%. Data ini terhitung dari total data masuk 100% pada pukul 16.50 WIB.

Sementara di provinsi Jawa Barat, pasangan Ridwan Kamil – UU Ruzhanul Ulum memimpin dengan perolehan suara 31,8%, mengungguli pasangan Sudrajat – Ahmad Syaikhu 28,2%, Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi 27,1% dan Tubagus Hasanuddin – Anton Charliyan 12,9%. Data ini terhitung dari total data masuk 100% pada pukul 18.07 WIB.

Di provinsi Kalimantan Barat, pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul dengan perolehan suara 51,0%, diikuti oleh pasangan Karolin Margret Natasa – Suryadman Gidot 41,5% dan Milton Crosby – Boyman Harun 7,5%. Data ini terhitung dari total data masuk 100% pada pukul 18.55 WIB.

Hasil Quick Count (Foto: Poltracking Indonesia)
Hasil Quick Count (Foto: Poltracking Indonesia)

Dengan hasil quick count ini, hampir dapat dipastikan bahwa pasangan – pasangan tersebut akan memenangi pertarungan pilkada di provinsi masing-masing. Hasil inipun diperkirakan tidak akan berbeda jauh dengan hasil penghitungan manual (real count) yang akan dilakukan oleh KPU Provinsi masing-masing.

Meskipun hasil penghitungan quick count telah menunjukkan kandidat terpilih dari tiap pilkada, namun kandidat terpilih resmi tetap akan mengacu kepada putusan KPU provinsi.

Quick Count ini dilaksanakan di 500 TPS yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di tiap provinsi yang dipilih secara proporsional.

Dengan sampel sebanyak 500 TPS, quick count berada pada tingkat kepercayaan (confidence level) sebesar 95% dengan tingkat kesalahan (margin of error) +/- 1%. Metode sampling menggunakan metode acak bertingkat (multi stage random sampling). (KO3)

Tinggalkan Komentar