Quick Count LSI Denny JA: Sutarmidji – Ria Norsan Unggul di 11 Kabupaten/Kota

Survei Poltracking dan LSI

Quick Count LSI Denny JA: Sutarmidji – Ria Norsan Unggul di 11 Kabupaten/Kota 1

Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji – Norsan) dinilai paling bersih dari isu korupsi.

Hal tersebut berdasarkan Survei yang dilakukan LSI Denny JA terkait alasan mengapa pasangan Midji – Norsan mempunyai peluang menang di Pilgub Kalbar yang paling besar.

Lembaga Survei LSI Denny JA menemukan bahwa ada tiga alasan kenapa Pasangan Midji – Norsan diprediksi akan memenangkan Pilgub Kalbar 2018 ini.

Menurut Survei LSI Dennya JA menemukan bahwa ada tiga alasan mengapa pasangan Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji – Norsan) berpeluang menang.

Hal tersebut disampaikan Adjie Alfaraby yang menyampaikan hasil survei LSI Denny JA di Hotel Transera, Kota Pontianak.

Menurutnya, pasangan calon nomor urut tiga, Midji – Norsan diprediksi akan memenangkan Pilgub Kalbar.

“Pertama, Pasangan Sutarmidji – Ria Norsan adalah pasangan yang paling disukai atau paling akseptabilitas. Dari mereka yang menyatakan kenal dengan Sutarmidji, sebesar 78.80 persen menyatakan suka dengan Sutarmidji,” kata Adjie Alfaraby dari LSI Denny JA.

“Sementara mereka yang menyatakan suka dengan Karolin sebesar 69.70 persen dan yang menyatakan suka dengan Milton sebesar 67.0 persen. Sementara pasangan wakilnya Sutarmidji, Ria Norsan juga paling tinggi tingkat kesukaannya yaitu sebesar 74.0 persen,” ujar Adjie Alfaraby.

Faktor kedua yang menjadi acuan pemilih di Kalimantan Barat untuk memilih Midji – Norsan, yakni pasangan Midji – Norsan dinilai paling bersih dari korupsi.

“Faktor kedua, Sutarmidji dipersepsikan sebagai Calon Gubernur Kalbar yang paling bersih dari korupsi. Isu korupsi menjadi salah satu isu penting bagi masyarakat Kalimantan Barat. Sebesar 57.50 persen publik Kalbar meyakini Sutarmidji bersih dari korupsi,” jelas Adjie.

Faktor ketiga yang menjadi acuan Pemilih Kalbar adalah keinginan adanya sosok pemimpin dengan latar belakang yang berbeda dari pemimpin sebelumnya.

Pasalnya, majunya Karolin sebagai Calon Gubernur dinilai memiliki latar belakang yang sama dengan Gubernur yang sekarang (Cornelis).

Hal ini membuat masyarakat Kalbar lebih mendukung pasangan nomor tiga, Sutarmidji dan Ria Norsan (Midji – Norsan).

Berdasarkan hasil temuan survei Pilgub Kalbar yang menggunakan Responden survey sebanyak 600, dan dipilih berdasarkan multistage random sampling.

Serta Wawancara tatap muka dengan responden dilakukan serentak di semua kabupaten/kota di Kalimantan Barat dari tanggal 8 – 14 Juni 2018 dengaan Margin of Error plus minus 4 persen.

LSI Denny JA memprediksi pasangan Midji – Norsan akan memenangkan Pilgub Kalbar 2018.

“Berdasarkan hasil temuan survei, pasangan Midji – Norsan yang keluar sebagai pemenang dalam Pilgub Kalbar kali ini. Karena peluang yang sangat besar dan sulit dikejar oleh paslon lainnya di waktu yang tinggal beberapa hari lagi jelang hari pencoblosan,” pungkas Adjie Alfaraby. (KO3)

Tinggalkan Komentar