Buka Gawai Dayak di Mait Hilir, Bupati Jarot: Jaga dan Lestarikan Kebudayaan

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno secara resmi membuka kegiatan Gawai Dayak Nyelepat Taun, yang dipusatkan di lapangan Desa Mait Hilir, Kecamatan Sepauk, Sabtu (23/6).

Dalam sambutannya, Bupati Jarot memberikan ucapan selamat hari Gawai kepada seluruh masyarakat Kecamatan Sepauk pada umumnya.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Sintang, pribadi dan keluarga saya ucapkan selamat hari gawai kepada seluruh masyarakat Desa Tanjung Balai dan Desa Mait Hilir serta masyarakat Kecamatan Sepauk pada umumnya, tentu ini merupakan kegiatan yang dapat membawa berkah bagi kita semua,” ucap Jarot.

Menurut Bupati Jarot, Gawai dayak ini merupakan kegiatan dalam bentuk pelestarian adat istiadat dan budaya Dayak.

“Kegiatan gawai ini sangat penting, karena orang tua jaman dulu hingga sekarang masih mengajarkan kita bagaimana itu tradisi dan adat budaya, serta kearifan lokal yang patut kita jaga bersama, dengan kita melestarikan dan kemudian kita kembangkan maka itu kegiatan kebudayaan akan menjadi lebih baik,” imbuhnya.

Bupati Jarot menambahkan bahwa kebudayaan di Indonesia sangat kaya sekali kalau tidak dilestarikan dan dikembangkan maka akan melupakan sejarah.

Baca Juga :  Kunjungan Kerja Bersama Wakil Ketua Komisi V DPR RI ke Ketungau Tengah

“Kalau sampai kita tidak jaga dan tidak kita lestarikan maka menjadi bangsa yang lupa dengan sejarah dan tradisi adat istiadat, sehingga kita tidak berhasil mengarungi hidup,” tambahnya.

Selain itu juga, lanjut Bupati Jarot, dirinya mengaku sudah beberapa kali membuka kegiatan gawai dayak di beberapa tempat, semuanya berbeda-beda temanya, untuk diwilayah Desa Mait Hilir ini temanya adalah kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar suku bangsa.

“Jadi tentu di Indonesia ini memiliki puluhan ribu pulau, ribuan suku bangsa, dan ratusan bahasa, dan sampai saat ini kita masih bersatu, maka dari itu persatuan dan kesatuan perlu kita junjung tinggi,” tukasnya.

Pada kesempatan itu pula, Bupati Jarot mengingatkan kepada seluruh masyarakat yang hadir dalam kegiatan pembukaan gawai dayak untuk dapat memilih Gubernur dan Wakil Gubernur dalam Pilkada Kalbar 2018.

“27 Juni 2018 nanti kita akan mencoblos untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat. Jadi kita jangan sampai kelai, jangan terpecah belah, jangan terprovokasi harus milih ini milih itu, jadilah masyarakat yang memilih dengan sesuai hati nurani masing-masing, karena harga persatuan dan kesatuan serta merawat kebhinnekaan itu lebih penting bagi kita semua,” pesan Bupati Sintang.

Baca Juga :  Hadiri Deklarasi Pilkada Damai, Bupati Jarot: Substansinya Menyentuh Dua Musuh Besar Pemilu

Sementara, Kepala Desa Tanjung Balai, Anton Suadi mengungkapkan, kegiatan gawai dayak ini dilaksanakan dalam rangka untuk bersyukur kepada yang Maha Kuasa.

“Dengan momentum gawai dayak inii kita sebagai masyarakat adat tentunya untuk saling bersatu dan menjalin hubungan dengan suku dan agama berbaur menjadi satu dalam kegiatan gawai ini,” kata Anton.

Anton menambahkan bahwa kegiatan ini juga untuk mengembangkan dan melestarikan adat istiadat budaya dayak serta menjalin tali silaturahmi.

“Kita tidak memilih milih siapa saja yang mengikuti kegiatan gawai ini, disini kita sama-sama untuk menjalin silaturahmi dan kerukunan umat beragama, karena di kawasan ini banyak beragam suku dan agama, sehingga ini cara kita untuk saling bersatu bersama-sama,” tambahnya. (*/Sg)

Comment