Semarakan Idul Fitri 1439 Hijriyah, Ormas Islam di Ketapang Gelar Takbir Keliling

KalbarOnline, Ketapang – Pemerintah melalui Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 Hijriyah jatuh pada hari Jum’at 15 Juni 2018. Seketika suara takbir menggema dari berbagai penjuru negeri, termasuk di Kabupaten Ketapang, Kamis (14/6).

Ribuan masyarakat tumpah ruah turun ke jalan untuk mengikuti Pawai takbir keliling kota Ketapang. Kegiatan takbir keliling yang digelar oleh Ormas Islam di Kabupaten ini berpusat di halaman Masjid Agung Al Ikhlas.

Terlihat sejak pukul 20.00 WIB, massa mulai berdatangan baik mengendarai sepeda motor maupun dengan menggunakan mobil pick up yang telah dihiasi lampu dan miniatur Masjid.

Rombongan peserta pawai takbir keliling memulai perjalanan sekitar pukul 21.00 WIB dengan rute melewati Jalan KH Mansyur – Jalan S. Parman – Jalan Brigjen Katamso – Jalan Gajah Mada, kemudian Jalan Sisingamangaraja – Jalan R. Soeprapto – Jalan Merdeka – Jalan dr. Sutomo – Jend. Sudirman – MT Haryono dan kembali ke Masjid Agung Al Ikhlas di Jalan H. Agus Salim.

Selain kegiatan pawai takbir kelilingan Kota Ketapang menyambut malam Idul Fitri 1439 H, dalam kesempatan itu juga dilakukan kegiatan donasi untuk umat muslim Palestina yang bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

“Sebelum takbir keliling kita adakan malam donasi untuk meringankan beban saudara kita umat muslim di Palestina yang saat ini mungkin tidak bisa menikmati hari raya Idul Fitri seperti kita,” ujar Koordinator Lapangan, Isa Anshari.

Sementara itu, Ketua kegiatan pawai takbir keliling, Ustad Agus dalam arahannya berpesan kepada seluruh peserta pawai takbir keliling agar dapat melaksanakan kegiatan dengan tertib dan mengikuti peraturan berlalu lintas.

“Selama mengikuti pawai takbir keliling untuk tetap menjaga kedisplinan dalam berkendara maupun kelengkapannya seperti jangan lupa menggunakan helm, tak lupa kami ucapkan terima kasih kepada pihak Kepolisian yang telah mengawal kegiatan ini,” tandasnya.

Kegiatan yang diikuti oleh ribuan orang yang terdiri dari puluhan ormas Islam dan kepemudaan tersebut berlangsung meriah dan tertib dengan pengawalan ketat oleh petugas Kepolisian Polres Ketapang. (Adi LC)

Tinggalkan Komentar