Lepas Takbir Keliling di Kota Sintang, Bupati Jarot: Mengagungkan Nama Allah

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Melepas Peserta Takbir Keliling Kota Sintang yang Ditandai Dengan Pemukulan Bedug (Foto: */Sg)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Melepas Peserta Takbir Keliling Kota Sintang yang Ditandai Dengan Pemukulan Bedug (Foto: */Sg)

KalbarOnline, Sintang – Sambut 1 Syawal 1439 Hijriyah tahun 2018 masehi, Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sintang bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sintang menggelar takbir keliling Kota Sintang dengan menggunakan kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun roda empat.

Takbir keliling tersebut dilepas langsung oleh Bupati Sintang yang ditandai dengan pemukulan bedug, bertempat di Pendopo Rumah Jabatan Bupati Sintang, Kamis malam (14/6).

Dalam pelaksanaan takbir keliling tersebut, para masyarakat, ormas-ormas, masjid-masjid ikut memeriahkan pelaksanaan kegiatan tersebut, dengan berbagai macam pengeras suara, untuk mensyiarkan takbir se-Kota Sintang.

Adapun rute-rute yang dilalui oleh peserta takbir keliling menggunakan kendaraan, dimulai dari depan pendopo Bupati Sintang – RSUD AM. DJoen – simpang 5 – Tugu Jam – Tugu Bambu Runcing – Pasar Sungai Durian – kembali lagi ke tugu jam – simpang Polres – mungguk jengkol – Seroja – Kodim 1205 – finish di Depan Pendopo Bupati.

Dalam arahannya, Bupati Jarot mengatakan bahwa kegiatan takbir keliling yang dilaksanakan ini bertujuan untuk agar semua dapat bersyukur.

“Malam ini dalam rangka kita melaksanakan perintah Allah, kita selenggarakanlah takbir keliling, agar kita terus bersyukur, mengucap takbir secara bersama-sama,” kata Bupati Jarot.

Bupati juga menjelaskan bahwa bersyukur tertera dalam surah Al – Baqarah ayat 185 yang berbunyi ‘hendaknya kamu genapkan bilangan-Nya, hendaknya kamu agungkan nama Allah sesuai petunjuk-Nya yang diberikan kepada kamu, supaya kamu bersyukur’.

“Jadi, takbiran secara didalam hati maupun secara lisan kita selenggarakan di rumah-rumah, di mushola, di masjid-masjid, dan juga dijalan-jalan, agar kita selalu bersyukur,” jelasnya.

Bupati berharap dengan kegiatan takbir keliling menggunakan kendaraan ini dapat berjalan dengan tertib.

“Dengan pelaksanaan takbir keliling ini kita berharap dapat berjalan dengan lancar, tertib, benar-benar khusyuk, dan bisa mengagungkan nama Allah,” harapnya.

Sementara, Ketua PHBI Sintang, H Gusti Ardania mengungkapkan bahwa kegiatan takbir keliling menggunakan kendaraan ini bertujuan untuk mensyiarkan, mengagungkan nama Allah.

“Jadi kegiatan ini bertujuan untuk bertakbir dalam rangka menyambut, dan menyongsong 1 Syawal 1439 Hijriah di tahun 2018 ini,” kata H Gusti Ardania.

Ia menambahkan bahwa kegiatan pawai takbir keliling ini diikuti kurang lebih 100 kendaraan roda empat dan 200 kendaraan roda dua.

“Kita telah mengundang 49 masjid beserta majelis taklimnya, kemudian 10 ketua-ketua ormas, ditambah juga lembaga-lembaga Islam di Sintang, dan juga partisipasi masyarakat,” tandasnya. (*/Sg)

Tinggalkan Komentar