Survei Poltracking: Midji – Norsan Unggul Telak di Pilkada Kalbar

KalbarOnline, Pontianak – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei terbarunya terkait peta kekuatan elektoral calon Gubernur dan calon Wakil Gubernur Kalimantan Barat 2018.

Hasilnya, elektabilitas pasangan Sutarmidji – Ria Norsan (Midji – Norsan) unggul dibanding pasangan lainnya yakni Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot dan Milton Crosby-Boyman Harun.

Sutarmidji – Ria Norsan meraih 53,5 persen, disusul Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 32,3 persen dan Milton Crosby-Boyman Harun 5,4 persen. Sementara itu, sebanyak 8,8 persen responden tidak memberikan jawaban (undecided voters).

“Ada banyak variabel yang menyebabkan seorang kandidat beserta pasangannya dapat mengungguli pasangan yang lainnya. Kerja-kerja terstruktur, masif, dan sistematis yang dilakukan secara konsisten oleh pasangan kandidat, mesin relawan, partai, dan penampilan dalam debat publik menjadi faktor menentukan,” kata peneliti Poltracking Indonesia, Hendra Yasin, dalam keterangannya, Rabu (13/6).

Baca Juga :  Sutarmidji Hadiri Sedekah Akbar Bersama 3.000 Anak Yatim dan Penghafal Al-Quran

Selain soal elektabilitas, survei ini juga menjelaskan performa debat kedua Cagub – Cawagub Kalbar pada 5 Mei 2018. Sutarmidji – Ria Norsan unggul dalam tiga aspek mulai dari cara berkomunikasi (50 persen), penguasaan masalah (63,4 persen), dan program kerja (58,7 persen).

Diikuti pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot 31,5 persen untuk cara berkomunikasi, 20,4 persen terkait penguasaan masalah, dan 19,6 persen dalam konteks program kerja.

Sementara itu, pasangan Milton Crosby-Boyman Harun meraih 9,8 persen terkait cara berkomunikasi, 4,3 persen untuk penguasaan masalah, dan 8,7 persen dalam konteks program kerja.

Hendra juga menjelaskan, temuan survei ini mengungkap penampilan (performa) terbaik dalam debat kedua, calon Gubernur – Wakil Gubernur Kalimantan Barat yaitu Sutarmidji – Ria Norsan unggul (60,2 persen), diikuti pasangan Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot (28 persen), dan Milton Crosby-Boyman Harun (7,5 persen).

Baca Juga :  Syarif Machmud Alkadrie Resmi Pimpin DPW Pemuda Melayu Kalbar

“Berdasarkan data elektabilitas dan performa debat pada survei ini, maka, pasangan Sutarmidji – Ria Norsan unggul dibanding dua pasangan lainnya yakni Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot dan Milton Crosby-Boyman Harun,” lanjut Hendra.

Survei tersebut diselenggarakan pada 25 – 30 Mei 2018 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sample dalam survei ini adalah 1.200 responden dengan margin of error 2,89 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Survei ini menjangkau 12 kabupaten dan 2 kota di seluruh Provinsi Kalimantan Barat. (KO3)

Comment