Kemenag Gelar Sidang Isbat Tentukan 1 Syawal 1439 Hijriyah

KalbarOnline, Nasional – Kementerian Agama RI menggelar Sidang Isbat penentuan 1 Syawal 1439 Hijriyah atau hari raya Idul Fitri di Gedung Kementerian Agama RI, Thamrin pada Kamis (14/6).

Sidang Isbat dimulai sejak pukul 17.00 WIB dengan pemaparan mengenai posisi hilal oleh Tim Hisab Rukyat Kemenag RI yang turut dihadiri oleh Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin, Ketua Komisi VIII RI, Ali Taher, Ketua MUI, Ma’ruf Amin dan Imam besar Mesjid Istiqlal, Nasaruddin Umar.

Selain itu ada juga perwakilan lembaga-lembaga sains seperti Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan pejabat eselon II dari Kemenag.

Baca Juga :  Lengkapi Protokol 3M dengan Tiga Kiat Lain Agar Aman dari Covid-19

Menteri Lukman sendiri hadir pada pukul 16.35 WIB. Lukman langsung masuk ke ruangan VIP yang di dalamnya sudah ada pejabat eselon II Kemenag RI, Nasaruddin Umar dan Ma’ruf Amin.

Kemudian mereka pun masuk ke ruangan auditorium KH M Rasjidi. Setelah Menteri Lukman dan para undangan masuk acara pun dimulai pada pukul 17.00 WIB dengan mendengarkan pemaparan tentang posisi hilal dari Cecep Nurwendaya selaku anggota Tim Hisab Rukyat Kemenag RI. Hingga saat ini Cecep masih menjelaskan pemaparannya.

Baca Juga :  Sebelum Terbang, Pilot Sriwijaya Air Sempat Minta Maaf ke Istri

Kementerian Agama akan menggelar pemantauan hilal (rukyatul hilal) untuk penetapan awal bulan Syawal 1439 H. Rukyatul Hilal akan dilaksanakan pada 97 titik pemantauan yang tersebar di 34 Provinsi di Indonesia.

Menurut Kemenag, hasil Rukyatul Hilal dan Data Hisab Posisi Hilal awal Syawal akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat yang dilaksanakan hari ini untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Syawal 1439 H. (KO9)

Comment