Bupati Rupinus Hadiri Misa Syukur Imam Baru Pastor Vinsensius dan Ulang Tahun ke-7 Paroki Monumental

Bersama Ribuan Umat Katolik Paroki Monumental

KalbarOnline, Sekadau – Meski dalam suasana libur panjang, Bupati Sekadau, Rupinus, SH., M.Si masih saja melaksanakan tugas kedinasan. Seperti pada Minggu (10/6) lalu, Bupati Rupinus hadir memenuhi undangan panitia perayaan syukur imam baru Deosesan Pastor Vinsensius, Pr dan ulang tahun ke-7 Gereja Katolik santo Petrus Rasul Monumental Sekadau yang beralamat di kompleks perkantoran Pemerintah Kabupaten Sekadau.

Sekitar 2000 umat Katolik Santo Petrus Rasul Sekadau hadir dalam perayaan misa syukur ini, termasuk juga dari umat Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau, umat Katolik Paroki Rawak, Paroki Batang Tarang dan Paroki Sosok Kabupaten Sanggau.

Misa syukur ini dipimpin langsung oleh imam Baru pastor Vinsen, Pr dan didampingi lima orang pastor satu diantaranya adalah pastor Paroki Santo Petrus Rasul Pastor Hernimus Maing Latu, Pr.

Pastor Vinsensius imam baru yang baru saja ditabiskan oleh uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Yulius mencucini, CP dalam riwayat panggilannya menceritakan bahwa dirinya tidak pernah membayangkan untuk menjadi seorang imam.

Baca Juga :  Kampung Tenun Jadi Ikon Wisata Pontianak

“Saya tumbuh dalam keluarga yang sederhana. Cita-cita untuk menjadi imam belum melintas dalam benak saya. Seiring dengan bertumbuhnya usia ketika SMP saya semakin aktif dalam kegiatan kring dan paroki. Menjadi misdinar. Ketika itu juga saya semakin mengenal dan menghayati kehidupan rohani,” tuturnya.

Pastor Vinsen juga menceritakan motivasi awal ia ingin menjadi imam ialah ingin memakai jubah. Pastor Vinsen begitu tertarik dengan pakaian rohani tersebut. Kendati dengan hal yang sangat sedrhana ini jalan tuhan untuk memanggil pastor vinsen untuk menjadi pelayanan Tuhan.

Pastor Vinsensius kelahiran asal Batang Tarang 22 Januari 1990. Ayah bernama Petrus Suntek, ibu bernama Maria Tjung Nyan Tho. Pastor Vinsen anak ke-7 dari 9 bersaudara.

“Gembala yang baik memberikan nyawanya bagi domba-dombanya” (Yoh,10:11b) adalah misi injil yang menjadi pegangan bagi pastor Vinsensius, Pr.

Sementra, Bupati Rupinus, dalam sambutannya mengucapkan selamat dan proficiat kepada pastor Vinsensius, Pr yang telah ditabiskan oleh Uskup dan sekarang sudah menjadi imam. Dan selamat juga kepada umat katolik atas ulang tahun paroki Santo Petrus Rasul Monumental yang ke-7.

Baca Juga :  Edi Kamtono Dapat Restu Dukungan Dari Hanura

“Proficiat atas pentahbisan Pastor Vinsensius, selamat bertugas sebagai gembala di Keuskupan Sanggau ini. Selamat kepada seluruh umat Katolik yang ada di Paroki Santo Petrus Rasul atas ulang tahun parokinya yang ke-7 tahun. Terima kasiih kepada orang tua pastor Vinsen yang telah menyerahkan putra terbiknya untuk menjadi pastor,” ujar Bupati.

Bupati Rupinus berharap orang muda katolik atau pemuda katolik di kabupaten sekadau khususnya ada yang terpanggil menjadi imam, suster, bruder sama seperti pastor Vinsen. Karena saat ini jumlah umat katolik terus mengalami perkembangan yang sangat pesat, sehingga harus ada keseimbangan antara umat dan para pelayanan tuhan seperti pastor.

“Sekarang ini imam kita masih sedikit, sementara umatnya banyak. Ini perlu menjadi perhatian kita bersama. Saya mengajak orang tua, jika ada anaknya yang terpanggil menjadi pelayanan tuhan, Pastor, Bruder, Frater dan suster, silahkan didorong dan didoakan panggilannya,” pinta Bupati. (*/Mus)

Comment