Tinjau Pembangunan Jalan Tani Desa Binaan, Ini Kata Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin

Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin, Brigadir Oktavianto (Foto: Hms Polsek Menjalin)
Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin, Brigadir Oktavianto (Foto: Hms Polsek Menjalin)

KalbarOnline, Landak – Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin, Brigadir Oktavianto mendatangi guna meninjau pembangunan jalan usaha tani yang sedang dalam pekerjaan di Dusun Lanset, Desa Nangka, Kecamatan Menjalin, Kabupaten Landak, Sabtu (9/6).

Pembangunan jalan tani tersebut dikerjakan secara swakelola oleh masyarakat setempat yang dikelola TPK (Tim Pelaksana Kerja) desa setempat.

Usai melihat hasil pembangunan yang sebagian sudah dikerjakan tersebut, Brigadir Oktavianto menilai bahwa pembangunan jalan tersebut sesuai dan layak, mengingat pagudana pembangunannya senilai Rp53 jt dengan spesifikasi ukuran 1,5 meter x 300 meter.

“Peninjauan jalan tani tersebut saya lakukan didampingi langsung Ketua TPK Desa Nangka, Pak Itus dengan berjalan kaki melihat dan mengukur langsung lebar, tinggi dan jalan serta mendengar penjelasan terkait rincian bahan-bahan dasar yang digunakan,” terang Brigadir Oktavianto.

Kapolres Landak, AKBP Gede Bowo Imantio, S.IK, M.H melalui Kapolsek Menjalin, Iptu Teguh Pambudi menuturkan bahwa peninjauan yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin tersebut sebagai wujud pelaksanaan tugas yang diberikan langsung oleh Kapolri terkait salah satu tugas Bhabinkamtibmas setiap desa binaan di seluruh Indonesia untuk melakukan pengawasan pembangunan dana desa.

“Polsek Menjalin memiliki 4 (empat) anggota Bhabinkamtibmas yang terbagi di 8 (delapan) desa binaan yang ada di Kecamatan Menjalin, untuk melaksanakan DDS, Sosialisasi, Sambang Desa, serta pengawasan dan pengecekkan pembangunan dan penggunaan dana desa yang diberikan oleh negara,” tukasnya.

Dalam pelaksanaan pengawasan dana desa yang ada di Kecamatan Menjalin selama ini, lanjut Kapolsek, berjalan dengan lancar dan hingga saat ini belum ada menemukan kendala dan temuan yang berarti serta tidak ada komplain atau pengaduan terkait pembangunan fasilitas desa.

Kapolsek juga berharap kepada 8 (Delapan) Kepala Desa untuk dapat bekerja sama dalam pelaksanaan tugas anggota Bhabinkamtibmas Polsek Menjalin dalam melakukan DDS, Sambang, Sosialisasi dan pengawasan dana desa.

“Dengan harapan terwujudnya pengelolaan dana desa yang efektif, efisien dan akuntabel serta mencegah terjadinya penyelewengan dana desa yang ada di Menjalin khususnya,” pungkas Iptu Teguh Pambudi.

Penulis : Humas Polsek Menjalin

Editor : Fai

Publish : KalbarOnline

Tinggalkan Komentar