Pimpin Safari Ramadhan Pemkab Sintang ke Masjid Baitur Rohim Ampar Bedang, Wabup Askiman: Terus Jaga Keharmonisan Antar Sesama

KalbarOnline, Sintang – Wakil Bupati Sintang, Askiman memimpin rombongan Pemerintah Kabupaten Sintang melaksanakan Safari Ramadhan 1439 Hijriah ke Masjid Baitur Rohim di Dusun Betung Sari, Desa Ampar Bedang, Kecamatan Binjai Hulu Rabu (23/5).

Turut mendampingi Wabup Askiman, Kadisperindagkop dan UKM, Sudirman, Kadis Kominfo, GA Anderson, Kepala Badan Keluarga Berencana, PP dan PA, Idham Khalik, Kabag Kesra, Mislan, Camat Binjai Hulu, Kusnidar dan perwakilan berbagai instansi dan lembaga.

Wabup Askiman dihadapan jamaah Masjid Baitur Rohim menyampaikan bahwa Safari Ramadhan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi antara masyarakat dengan instansi pemerintah, menyamakan persepsi untuk meneruskan pembangunan, menyerap aspirasi masyarakat, menyampaikan informasi pembangunan dan pemberdayaan serta sarana komunikasi yang baik.

Kegiatan Safari Ramadhan ini juga, lanjut Askiman, sebagai langkah Pemerintah Kabupaten Sintang untuk mewujudkan salah satu visi dan misi pemerintah Kabupaten Sintang dibawah kepemimpinan Jarot Winarno dan Askiman yakni terwujudnya masyarakat Kabupaten Sintang yang religius dan juga meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan agama dalam kehidupan sosial.

“Bagi saya puasa itu memiliki banyak makna. Karena umat Kristen juga ada puasanya. Kami juga mendorongnya untuk memperkuat toleransi. Kita jangan terpengaruh dengan isu dan informasi yang berkembang di media massa nasional. Kita ini sangat majemuk. Pesan saya jaga keharmonisan di tengah masyarakat,” pesan Askiman.

Baca Juga :  Resmikan Pondok Pesantren dan Masjid Al – Hidayah, Bupati Jarot Pesankan Hal Ini

“Kami juga mendukung pembangunan masjid ini. Tetapi silahkan ajukan jauh hari kepada Pemkab Sintang. Karena mulai tahun anggaran 2019, Pemkab Sintang sudah menggunaka sistem e-Budgeting dan mulai Juni 2018 sudah ajukan rencana 2019 secara online. Soal permintaan pembangunan SD jarak jauh di Dusun Betung Sari. Silakan ajukan permohonan tetapi harus cepat. Begitu juga permohonan rabat beton bisa dengan APBDes,” tambah Askiman.

Pengurus Masjid Baitur Rohim Dusun Betung Sari, Sukasno mengatakan pihaknya sangat berterimakasih kepada Pemkab Sintang dan seluruh rombongan yang sudah mengunjungi masjid dan jamaahnya.

“Saya berharap silaturahmi yang baik ini bisa dilanjutkan di lain waktu. Masjid ini dibangun pada 1993. Kelihatan agak kumuh. Masjid ini dibangun secara swadaya serta bantuan pemerintahan desa. Ekonomi masyarakat disini agak kurang baik. Daerah kami juga kesulitan dalam hal pendidikan. Yang mana anak-anak kami harus menyeberangi sungai Kapuas untuk sampai ke sekolahnya. Untuk itu mohon dibangunkan SD Jarak Jauh di dusun kami. Supaya anak usia kelas 1-3 tidak harus menyeberang karena mereka masih sangat kecil dan resikonya sangat tinggi. Sementara ini anak-anak semua menyeberang menggunakan perahu. Kemudian lanjut jalan kaki lagi. Kalau ada anggaran untuk membangun SD Jarak Jauh, kami siap bantu menyediakan tanah. Mohon juga di bantu rabat beton untuk jalan kampung kami yang masih jalan tanah,” terang Sukasno.

Baca Juga :  Dinas PUPR Kalbar Blak-blakan Soal Penanganan Jalan Tumbang Titi - Tanjung, Mulai dari Mekanisme Anggaran Hingga Sikap Cuek Perusahaan

Sementara, Ibu Iyud salah seorang jamaah Masjid Baitur Rohim Betung Sari juga mengucapkan terima kasihnya karena Pemkab Sintang sudah melaksanakan operasi pasar untuk memudahkan masyarakat memperoleh gula, tepung terigu, minyak goreng, mentega dan susu.

Pada kesempatan tersebut, Pemerintah Kabupaten Sintang yang diwakili oleh Wabup Askiman juga menyerahkan bantuan kepada pengurus Masjid Baitur Rohim sebagai bentuk kepedulian Pemerintah terhadap umat. (Sg/Hms)

Comment