PKK Sekadau Kunjungi Kebun Binaan PKK Kota Pontianak

Kristina Rupinus: Kerja sama seluruh komponen di Pontianak sangat luar biasa

KalbarOnline, Sekadau – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sekadau, Ny. Kristina Rupinus, S.Pd., M.Si bersama pengurus PKK Kabupaten Sekadau mengunjungi kebun binaan milik PKK Kota Pontianak, Sabtu (19/5) pekan kemarin.

Kunjungan Ketua dan sejumlah pengurus TP PKK Kabupaten Sekadau ini disambut langsung oleh Penjabat Sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Dra. Mahmuda dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, Bintoro.

Hadir dalam kunjungan tersebut Camat Pontianak Utara, Ketua TP PKK Kota Pontianak dan TP PKK Kecamatan serta kepala sekolah kejuruan kota Pontianak, Bambang.

Kristina Rupinus menjelaskan adapun tujuan kunjungan yang dilakukan oleh jajaran pengurus PKK Kabupaten Sekadau ke kebun binaan PKK Kota Pontianak ini adalah sebagai sarana pembelajaran bagi pengurus PKK Kabupaten Sekadau dalam mengola, menata, menanam, merawat tanaman sehingga bisa mencapai hasil yang baik dan maksimal.

“Dalam kunjungan ini, kita bincang-bincang langsung dengan Pjs Walikota Pontianak, Ibu Mahmudah, Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak, Pak Bintoro. Bincang-bincang seputar masalah kebun binaan milik PKK Kota Pontianak. PKK Sekadau ingin belajar tentang bagaimana bagaimana cara mengolah kebun, menata, menanam, merawat tanaman sehingga bisa berhasil. Seperti kita ketahui, Sekadau juga punya potensi, tanahnya subur dan punya peluang tapi belum bisa kita olah,” paparnya.

Baca Juga :  PPDB Tahap Pertama Dibuka, 236 Sekolah Mendaftar Secara Online

“Kita tau di Pontianak tanahnya gambut tingkat keasaman tanah begitu tinggi, tapi mereka bisa mengolah lahannya dengan baik. Tanamannya subur, dari hasil bincang-bincang dengan Ibu Mahmudah dan Kadis Ketahanan Pangan Kota Pontianak, ternyata di Pontianak kerja sama PKK dengan dinas terkait, kelompok tani, sekolah kejuruannya sangat luar biasa. Mudah-mudahan dengan informasi atau pengetahuan yang kita dapat nantinya bisa kita realisasikan di tempat kita dan mohon dukungan juga tentunya dari SKPD terkait di lingkungan Kabupaten Sekadau,” sambung Kristina.

Menurut Kristina kebun kolektif binaan PKK Kota Pontianak menjadi kebun percontohan dan menjadi sasaran pembelajaran dari beberapa kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Barat karena mensinergikan seluruh stakeholder mulai dari SKPD terkait, TP PKK Kota, TP PKK kecamatan sampai pada TP PKK Desa/Kelurahan dan kelompok tani. Masing-masing mengintervensi kebun tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya masing-masing.

Baca Juga :  Peresmian Jembatan Kyai Mangku Negeri, Sutarmidji : Pemprov Komitmen Dorong Pembangunan Infrastruktur

“Misalnya PU membangun infrastruktur berupa rabat beton, pertanian melalui gapoktan turun langsung secara teknis mulai dari menanam dan perawatan dan TP PKK serta stakeholder lainnya bekerjasama secara intensif sehingga kebun tersebut berhasil, baik produksi maupun pemasarannya,” paparnya.

“Ada banyak hal menarik yang kita jumpai, yang kita dapat selama berkunjungan bersama PKK Kota Pontianak ini. Semoga pembelajaran yang indah dan luar biasa ini bisa kita aplikasikan secara perlahan di Kabupaten Sekadau. Sekali lagi terima kasih kami ucapkan kepada Pjs Wali Kota Pontianak dan seluruh jajaran PKK Kota Pontianak. yang telah menerima kami dengan ramah kunjungan PKK Kabupaten Sekadau,” tuturnya.

Sebelumnya Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau juga pernah melakukan studi banding ke TP PKK Wonosobo Jawa Tengah yang dimulai dari tanggal 14 – 17 September 2017 lalu. Tujuan Kunjungan PKK Kabupaten Sekadau di PKK Wonosobo saat itu yakni ingin bersilaturahmi, belajar, bertukar pikiran, pengalaman dan membuka wawasan untuk pengembangan organisasi PKK secara lebih baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Sekadau khususnya. (Mus/Hms)

Comment