Macetnya-Arus-Lalu-Lintas

KalbarOnline.com – Inspektur Jenderal Royke Lumowa,selaku Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri, memantau persiapan jalur tol yang mengarah ke Brebes Timur (Brexit), tepatnya di exit tol Gandulan atau Tol Pemalang yang pengerjaannya kini sudah mencapai 99 persen.

Menurut Royke, tol tran Jawa kini telah tersambung hingga ke exit tol Pemalang, sehingga dapat dioperasikan. Meski begitu, kemungkinan akan tetap ada titik kemacetan yang terjadi di exit tol Pemalang tersebut.

“Ini nanti titik disini (exit tol Pemalang) krusial, yang kini kami pikirkan adalah kepadatan terjadi di sini, khususnya yang menuju arah ke Semarang,” ujar Royke.

Di gerbang exit tol Pemalang nantinya akan ada dua pintu yang sudah diprediksi bakal cukup krusial. Pertama, gerbang exit tol Pemalang yang mengarah ke jalur arteri. Kedua adalah pintu tol akhir yang lanjut ke arah Semarang, ucap Royke.

“Untuk di exit tol Pemalang arah arteri, mungkin tidak begitu padat, ya. Tapi, kalau di pintu tol terakhir, karena ada gate pembayaran, mungkin akan ada antrian. Karena ini masih fungsional, ya, membayar di akhir yang arah ke Semarang,” kata Royke

Maka itu, Royke telah mengintrusikan jajarannya untuk mengantisipasi dengan menyiapkan beberapa rekayasa lalu lintas. Salah satunya, dengan mengarahkan kendaraan untuk keluar di pintu keluar tol sebelum exit Brebes Timur, yakni jalur exit Kaligangsa.

“Kami atur dengan koordinasi. Misalnya padat, panjang, berarti ada beberapa yang akan kami alirkan ke Tegal Kota sebelum sampai Pemalang, atau Ujungrusi. Ada beberapa yang kami alirkan dan keluarkan ke Brexit, atau mungkin Pejagan,” ujar Royke

Untuk diketahui, jalur penghubung Brexit menuju tol Pemalang ini terbentang sepanjang 43 kilometer. Total jarak tempuh dari Jakarta mencapai exit tol Pemalang ini mencapai 311 kilometer. Dan ini sudah dapat dinikmati oleh para pemudik tahun 2018 ini.

Tinggalkan Komentar