Lomba Sampan Bidar Semarakan Harjad 656 Kota Sintang, Bupati Jarot: Wujud Lestarikan dan Jaga Peradaban Masyarakat Sungai Kapuas

Bupati Buka Lomba Sampan Bidar

KalbarOnline, Sintang – Sebagai rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-656 Kota Sintang, panitia Harjad 656 Sintang menggelar Lomba Sampan Bidar yang dilaksanakan di Sungai Kapuas depan Pendopo Bupati Sintang, yang dibuka langsung oleh Bupati, Sabtu (5/5).

Pada kegiatan yang disaksikan ribuan masyarakat, Bupati Sintang, Jarot Winarno menyatakan bahwa lomba sampan bidar merupakan agenda tahunan yang selalu dilaksanakan setiap peringatan Hari Jadi Kota Sintang.

“Saya selalu menghadiri dan membuka kegiatan lomba sampan bidar ini, dua tahun lalu Kabupaten Melawi berhasil menjadi juara dan pada tahun 2017 Kabupaten Sekadau juga menjadi juara, sementara Sintang sebagai tuan rumah belum berhasil menjadi juara, namun pada tahun 2018, kami bertekad bisa menjadi juara,” ujar Bupati.

Menurut Bupati, lomba sampan bidar merupakan wujud melestarikan dan menjaga tradisi peradaban masyarakat Sungai Kapuas.

“Sehingga lomba sampan ini sangat penting, hadiahnnya sudah dipersipakan termasuk tropi bergilir dan piala juara tetap, serta uang tunai sebagai wujud pembinaan, dan sebagai hadiah yaitu sembako beras, kegiatan ini tentu harus kita lestarikan dan kedepankan,” tukasnya.

Baca Juga :  Innalillahi, Ayah Wali Kota Pontianak Meninggal Dunia

Bupati Jarot menjelaskan bahwa lomba sampan bidar yang dilaksanakan ini dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-656 Kota Sintang yang pada Harjad kali ini mengusung tema ‘Sintang Untuk Semua’.

“Jadi, Sintang ini rumah besar bagi seluruh elemen bangsa yang ada di Sintang untuk bisa hidup rukun dan damai saling hormat saling menjaga agar Sintang kedepan semakin maju, guna mendukung terbentuknya Propinsi Kapuas Raya,” tegas Bupati.

Sementara, Panitia penyelenggara lomba sampan bidar yang juga merupakan Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Sintang, Erwin Simanjuntak, dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan ini selain untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Kota Sintang, juga untuk memasyarakatkan olahraga sampan bidar serta menjaring bibit atlit berbakat dalam olahraga dayung untuk bahan pembinaan.

Erwin Simanjuntak juga menjelaskan bahwa jumlah peserta lomba sampan bidar ini diikuti sebanyak 58 peserta, yang terdiri dari 21 peserta berasal dari Kabupaten Sintang, sebanyak 37 peserta dari Kabupaten Melawi dan Kabupaten Sekadau.

Baca Juga :  Sekda Hadiri Peringatan Hut Solam Raya

“Dalam satu regu sampan ini berjumlah 10 orang yang terdiri dari 8 orang sebagai peserta dan 2 orang cadangan dan para peserta lomba melintasi sepanjang 800 meter dengan start dimulai dari lintasan penyebrangan listrik di jalan Pengeran Kuning sampai Finis Siring sungai depan Pendopo Bupati Sintang,” tukasnya.

Erwin menambahkan, lomba tersebut dilaksanakan selama dua hari, mulai Sabtu 5 Mei hingga Minggu 6 Mei, yang dilaksanakan sejak pukul 09.00 wib hingga pukul 17.00 di depan Pendopo Bupati Sintang.

Perlombaan tersebut secara langsung dibuka Bupati Jarot, yang turut dihadiri Wakil Bupati Sintang, Drs. Askiman MM, Sekda Sintang, Dra. Yosepha Hasna, Danren 121 ABW, Sultan Sintang, serta para pejabat Forkopimda Pemerintah Kabupaten Sintang, dan para undangan termasuk  jajaran pengurus POPSI Kabupaten Sintang. (Sg/Hms)

Comment