Naik Dango, Diharapkan Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, Saat Menghadiri Perayaan Naik Dango ke – 33 di Desa Lingga (Foto: ian)
Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus, Saat Menghadiri Perayaan Naik Dango ke – 33 di Desa Lingga (Foto: ian)

KalbarOnline, Kubu Raya – Kegiatan Naik Dango ke – 33 dilaksanakan di Desa Lingga, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus mengatakan kegiatan Naik Dango di Kubu Raya merupakan kegiatan ke empat kalinya tingkat Kalimantan Barat sejak tahun 1992.

Hermanus mengatakan acara Naik dango merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dalam rangka mensyukuri nikmat Tuhan Yang Maha Esa melalui hasil panen yang melimpah. Disamping itu, Naik Dango juga sebagai budaya yang harus dipertahankan dan dilestarikan.

“Kegiatan Naik Dango, memiliki beberapa nilai-nilai yang terkandung dalam kehidupan sehari-hari diantaranya nilai interaksi, nilai pemersatu dan nilai religius. Sebagai bentuk nilai interaksi, artinya kegiatan ini menjadi sebuah interaksi masyarakat adat Dayak kepada sang penciptanya. Dalam bentuk ucapan syukur dengan berbagai ritual. Sementara, Naik Dango sebagai pemersatu artinya kegiatan tersebut dapat mempersatukan kita seluruh suku, etnis dan budaya bangsa. Sedangkan nilai religious yang terkandung adalah, dimana Naik Dango ini dilakukan sebagai bentuk ucapan syukur kepada sang pencipta atas segala keberkahan dan perlindungan, selama bertani, mulai dari menanam hingga panen,” tutur, Wabup Hermanus, Sabtu (28/4).

Hermanus juga mengatakan, dalam bercocok tanam, masyarakat Dayak diatur sedemikian rupa dengan berbagai tahapan dan acara adat. Mulai dari membuka lahan, menanam hingga panen semua ada acara adatnya yang harus dilakukan oleh masyarakat dayak hingga puncaknya di acara Naik Dango.

Hermanus mengharapakan agar agenda budaya Naik Dango, dapat menjadi sebuah daya tarik bagi wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca Negara. Sebab dalam kegiatan budaya Naik Dango, banyak kegiatan-kegiatan kebudayaan dan kesenian yang dapat dinikmati dan disaksikan bersama.

Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, lanjut Hermanus sangat mendukung dan mengapresiasi setiap kegiatan-kegiatan kebudayaan di Kubu Raya. Hal itu sepadan dengan misi dan misi Kabupaten Kubu Raya yang ingin mewujudkan Kabupaten Kubu Raya yang berbudaya.

“Kita sejak awal sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan-kegiatan kebudayaan di Kubu Raya. Hal itu juga menjadi keinginan kita untuk menjadikan Kubu Raya sebagai Kabupaten yang berbudaya. Dan kegiatan budaya Naik Dango yang tahun ini dilaksanakan di Kubu Raya, sangat kita dukung. Kita juga berterimakasih pada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyiapkan dan melaksanakan kegiatan ini. Ini adalah kegiatan kebudayaan kita yang kita harus jaga bersama dan kita terus lestarikan,” terang, Wabup Hermanus. (ian)

Tinggalkan Komentar