IWITA Kalbar Dorong Perempuan Cerdas Manfaatkan Gadget Jadi Lahan Penghasilan

Panitia Foto Bersama Peserta, Usai Seminar Sosialisasi Fintech PT Pegadaian dan IWITA (Foto: ian)
Panitia Foto Bersama Peserta, Usai Seminar Sosialisasi Fintech PT Pegadaian dan IWITA (Foto: ian)

KalbarOnline, Pontianak – Dengan semangat literasi digital dan ekonomi berbagi, IWITA (Indonesia Women IT Awareness) sebagai organisasi perempuan tanggap teknologi mendukung PT Pegadaian (Persero) dalam kemitraan dengan para pelaku internet, para pelaku industri rumahan dan UMKM untuk tumbuh bersama, Kamis (26/4).

IWITA merupakan organisasi perempuan yang tanggap teknologi memiliki visi mencerdaskan masyarakat, terutama perempuan melalui TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), maka kerja sama ini diharapkan dapat menjadi sarana literasi digital dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Bisnis Jaman Now Agen Pegadaian (Foto: ian)
Bisnis Jaman Now Agen Pegadaian (Foto: ian)

Pada tahun 2017, IWITA telah memiliki 8 sekretariat di Provinsi DKI Jakarta,  Jawa Timur, Maluku, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Irian Jaya dan Kalimantan Barat. Ditambah 9 afiliasi yang berlokasi di Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Bali. Maka, Roadshow Pegadaian-IWITA hadir dalam rangka meningkatkan literasi keuangan masyarakat di era digital.

Sebagai organisasi yang memiliki visi mencerdaskan perempuan Indonesia melalui TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi), IWITA mendorong pemanfaatan IT untuk kehidupan yang lebih baik, yaitu #1) Peran orangtua terhadap pengawasan dan pembatasan penggunaan gadget bagi anak, #2) Pemanfaatan IT untuk membantu perekonomian keluarga, #3) Peran ibu pada penumbuhan karakter anak di tengah-tengah ancaman media sosial pada anak (bijak bermedia sosial).

Maka, kerjasama ini diharapkan dapat menjadi sarana literasi digital dan penguatan jejaring yang ada di masyarakat dengan saling bertukar praktek-praktek terbaik, pengalaman dan aspirasi-aspirasi lainnya yang konstruktif untuk kemajuan perempuan.

Mubarika Darmayanti selaku Ketua Umum IWITA mengatakan Pegadaian di era transformasi digital menginisiasi sebuah bisnis yang ditujukan kepada generasi muda Indonesia, gen-X; dimana platform aplikasi menjadi wadah bertransaksi dan memperoleh penghasilan.

Bisnis Jaman Now ini disosialisasikan bersama IWITA yang merupakan Indonesia Women IT Awareness, organisasi yang telah berdiri sejak tahun 2010 dengan 8 sekretariat di Provinsi DKI Jakarta,  Jawa Timur, Maluku, Sumatera Utara, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Irian Jaya dan Kalimantan Barat. Ditambah 9 afiliasi yang berlokasi di Banda Aceh, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Nusa Tenggara Barat, dan Bali

Hal yang serupa juga dikatakan Ketua IWITA Kalbar, Dwi Wahyudi, SE.

Ia mengapresiasi kegiatan sosialisasi Agen Pegadaian, apalagi mengingat Pontianak kota sentra ekonomi di Kalbar, berbanding lurus dengan kemajuan teknologi dan tingginya animo para Perempuan Jaman Now di Pontianak untuk mandiri secara finansial.

Memulai bisnis dengan modal gadget dan kuota internet dapat dimulai dengan grup WA dan FB dengan target teman arisan, tetangga hingga keluarga terdekat. Kegiatan sosialisasi ini dapat  meningkatkan kualitas hidup masyarakat, terutama perempuan di era globalisasi dalam mengakses dan memanfaatkan teknologi informasi dan aplikasi Agen Pegadaian dalam meningkatkan pendapatan dan mandiri finansial sejak dini. (ian/Rilis IWITA)

Tinggalkan Komentar