Komitmen Benahi Kalbar, Sutarmidji Sudah Sambangi Daerah yang Belum Diraba Calon Gubernur Bahkan Gubernur

Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Sutarmidji, Foto Bersama Masyarakat, Dalam Lawatan Dialogisnya di Nanga Mahap, Sekadau (Foto: Elf)
Calon Gubernur Kalbar Nomor Urut 3, Sutarmidji, Foto Bersama Masyarakat, Dalam Lawatan Dialogisnya di Nanga Mahap, Sekadau (Foto: Elf)

KalbarOnline, Sekadau – Calon Gubernur Kalimantan Barat nomor urut 3 (tiga), Sutarmidji hadir bersilaturahim di Desa Lembah Beringin, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau, Senin (24/4).

Perjalanan dari Sekadau kota menelusuri jalan aspal dan berakhir pada jalan yang masih berupa tanah merah menuju Desa Lembah Beringin dilalui dengan baik oleh Sutarmidji beserta rombongan.

Salah satu kelebihan Sutarmidji adalah selalu mendatangi daerah pelosok yang belum pernah diraba atau dijamah oleh Calon Gubernur bahkan Gubernur sekalipun.

“Hampir 80 persen kami mendatangi daerah pelosok yang belum pernah didatangi oleh Calon Gubernur sekalipun Gubernur Kalbar,” ujarnya.

Diakui Sutarmidji, kedatangannya ke daerah-daerah pelosok adalah untuk menyerap aspirasi masyarakat di pedalaman. Dengan begitu dirinya akan mengetahui kebutuhan masyarakat pedalaman sehingga nantinya akan diwujudkan sesuai dengan visi misi dan program kerja Midji – Norsan.

“Dengan datang ke daerah pedalaman, kami lebih tahu kondisi infrastruktur jalan, kesehatan dan pendidikan di daerah tersebut,” jelasnya.

Lembah Beringin yang ada di Kecamatan Nanga Mahap merupakan daerah pedalaman dengan masyarakatnya rata-rata berprofesi sebagai petani. Infrastruktur jalan yang rusak masih dinikmati oleh masyarakat desa tersebut.

Lembah Beringin juga didominasi oleh masyarakat Dayak, Melayu dan sebagian masyarakat Jawa dan lainnya. Tingkat pendidikan masyarakatnya paling tinggi SMP.

“Baru dua tahun ini ada gedung SMA,” ujar salah seorang warga, Rina.

Diakui Rina, masyarakat didesanya saat ini sudah mulai mengenal pentingnya pendidikan.

“Yang kuliah pun sudah ada,” tuturnya.

Rina dan masyarakat Desa Lembah Beringin berharap jika Midji – Norsan terpilih akan memperhatikan pendidikan didesanya.

Warga lainnya, Hasanah, mengatakan keinginannya bisa mendapatkan kartu BPJS karena selama ini menurutnya jika berobat masih berbayar.

“Jika Midji – Norsan terpilih kami harap bisa mendapatkan kartu BPJS,” harapnya.

Menanggapi itu, Sutarmidji menegaskan bahwa komitmen Midji – Norsan dituangkan melalui tiga program unggulan yakni infrastruktur, kesehatan dan pendidikan, yang merupakan momok permasalahan di Kalbar yang tak kunjung terselesaikan hingga saat ini dan berimbas pada rendahnya IPM Kalbar yang secara otomatis taraf hidup masyarakat Kalbar dibawah rata-rata.

Salah satu penyebabnya yakni pembangunan yang tidak merata sehingga tak bisa dinikmati masyarakat.

“Saya dan Pak Norsan hanya menjanjikan sesuatu yang realistis untuk diwujudkan kepada masyarakat jika terpilih menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar,” tegasnya.

Dirinya juga kembali menegaskan percepatan pembangunan yang akan dilakukan Midji – Norsan berasaskan keadilan.

Menurutnya, pembangunan sudah selayaknya merata dan berkeadilan. Guna mewujudkan hal tersebut, lanjut Sutarmidji, diperlukan pemimpin yang bisa mengayomi semua agama, etnis dan golongan.

“Jargon kami, Kalbar Baru Untuk Semua. Artinya, Midji – Norsan hadir untuk semua agama, etnis dan golongan,” tegasnya.

Sutarmidji juga menegaskan bahwa dirinya akan menjadikan Kalbar dibanggakan oleh masyarakatnya.

“Saya akan jadikan Kalbar dikenal di pentas nasional, sehingga dapat dibanggakan oleh masyarakat Kalbar,” tegasnya lagi. (Elf/Fai)

Tinggalkan Komentar