Respon Jembatan Putus di Sungai Asam dan Sungai Bulan, Bupati Intruksikan Instansi Terkait Bangun Jembatan Darurat

KalbarOnline, Kubu Raya – Intensitas hujan yang turun di wilayah Kubu Raya dalam sepekan terakhir mengakibatkan beberapa wilayah yang dilintasi oleh aliran sungai banjir. Banjir besar terjadi di Sungai Asam dan Sungai Bulan yang mengakibatkan jembatan diwilayah tersebut terputus.

Menanggapi hal tersebut, Plt Kepala Dinas PUPR Kubu Raya, Encep Mulyadi di dampingi Kepala Bidang Bina Marga Erwin Renaldi langsung turun kelapangan bersama tim untuk memastikan keadaan dilapangan dan tindakan yang akan segera dilakukan, Senin (16/4).

“Jadi, kita dapat laporan tadi pagi, kita langsung bentuk tim untuk kita sama-sama turun ke lapangan. Kita harus pastikan dulu keadaan dilapangan yang sebenarnya agar kita dapat menyusun rencana kerja dan tindakan penanganan sementara,” ucap Encep, saat berada dilokasi Sungai Asam Kecamatan Sungai Raya.

Baca Juga :  Gubernur Minta Satgas Covid-19 Daerah Batasi Warung Kopi: Jam 9 Harus Tutup Semua

Encep mengatakan, untuk hari ini, baru dapat dilakukan peninjauan ke Sungai Asam. Karena lokasinya sangat jauh, sehingga tidak cukup waktu untuk mengejar ke wilayah Sungai Bulan. Encep mengatakan, Sungai Bulan akan dilakukan peninjauan besok bersama tim penuh sehingga dapat langsung dilakukan tindakan penaganannya.

“Hari ini kita di Sungai Asam dulu, dan kita udah cek serta kita akan segera bangun dulu jembatan darurat. Sehingga tidak menggangu aktifitas masyarakat. Demikian juga nanti yang ada di Sungai Bulan, namun besok kita akan pastikan apa saja tindakan yang harus segera kita dilakukan disana. Intinya tidak menghambat aktifitas warga, jembatan sementara akan segera kita bangun, sambil menyusun rencana pembangunan jembatan baru baik Sungai Asam maupun Sungai Bulan,” terang Encep Mulyadi saat meninjau jembatan yang roboh terbawa arus sungai di Sungai Asam.

Baca Juga :  Pemkab Kubu Raya Serahkan 90 Persil Sertifikat Proda, Bupati Minta Masyarakat Segera Lakukan Sertifikasi

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Rusman Ali, saat mendengar informasi tersebut juga langsung meminta instansi terkait segera lakukan tindakan penanganan, sehingga tidak mengganggu aktifitas masyarakat.

“Ini kan bencana, karena curah hujan yang tinggi sebabkan debit air tinggi akhirnya menghanyutkan beberapa jembatan kita. Kita akan segera bangun jembatan darurat,” ujar Rusman Ali.

Rusman Ali meminta agar masyarakat yang tinggal disekitar Sungai juga dapat berhati-hati dan waspada. Dengan tingginya curah hujan saat ini. Agar tidak terjadi hal-hal yang merugikan baik materi maupun non materi masyarakat. (ian)

Comment