Pimpin Upacara HUT Satpol PP ke – 68, Bupati Jarot Tekankan Netralitas ASN di Pilkada

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memimpin Upacara Bendera Peringatan HUT ke – 68 Satpol PP (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Memimpin Upacara Bendera Peringatan HUT ke – 68 Satpol PP (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Hari Ulang Tahun (HUT) ke – 68 Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), HUT ke – 99 Pemadam Kebakaran, HUT ke – 56 Satlinmas dan HUT ke – 22 Otonomi Daerah di Kabupaten Sintang diperingati dengan upacara bendera di lapangan sepakbola depan Kodim 1205 Sintang, Rabu (18/4).

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sintang, Jarot Winarno, didapuk sebagai inspektur upacara.

Dalam amanat Menteri Dalam Negeri, yang dibacakan Bupati Jarot, menyampaikan bahwa peringatan hari pemadam kebakaran dapat meneguhkan komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dari dampak kebakaran.

“Inilah bagian dari amanah nawacita yang pertama, menghadirkan kembali negara untuk melindungi bangsa dan memberikan rasa aman, sehingga urusan kebakaran termasuk pengurangan resiko kebakaran,” kata Bupati.

Masih dalam amanat Mendagri, lanjut Bupati, untuk Satpol PP dan Satlinmas diharapkan tetap menjaga netralitas dalam proses pelaksanaan pilkada tahun ini.

“Dengan diusungnya tema ‘Satpol PP dan Satlinmas Siap Mengawal Pilkada Serentak tahun 2018’ maka menegaskan bahwa optimalisasi kesiapsiagaaan serta keterlibatan satpol PP dan Linmas untuk mendukung kelancaran pilkada serentak 2018, haruslah bersikap netral, bersikap proaktif,” tuturnya.

Bupati menambahkan dengan peringatan hari otonomi daerah ke-22 dapat menghadirkan pemerintahan daerah yang nyata, demokratis dan mampu melayani masyarakat.

“Jadi kita harus mampu melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya agar tercipta daya saing, kreativitas, dan inovasi untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan daya saing bangsa,” tambahnya.

Saat diwawancarai, Bupati Jarot mengatakan bahwa kehadiran negara di tengah-tengah masyarakat itu ada, seperti Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Tagana dan Satlinmas, keempat lembaga tersebut, lanjut Bupati, memberikan pengayoman kepada masyarakat.

“4 lembaga tersebut saling berkaitan, karena menunjukkan bahwa Negara benar-benar hadir di tengah masyarakat, dalam keadaan apapun, disaat masyarakat membutuhkan pengayoman mereka hadir, disaat ada kebakaran mereka hadir,” ucap Bupati.

“Sebagai pengayom masyarakat utamanya Satpol PP dan Linmas diminta netral dalam pelaksanaan Pilkada, karena pada siapa lagi masyarakat minta bantu kalau terjadi sesuatu, diminta netral, kemudian profesional, mengantisipasi potensi masalah yang ada di pilkada, misalnya kalau ada masalah pada saat pendistribusian kotak suara, Satpol PP dan Linmas harus turut andil membantunya,” pesan Bupati.

Sementara, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran, Martin Nandung mengatakan bahwa momentum HUT Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran tahun 2018 bertepatan dengan tahun politik.

“Jadi kita ini diminta untuk dapat berperan aktif dalam mendukung serta mensukseskan pelaksanaan pilkada di Kalimantan Barat dan harus juga netral dalam pelaksanaan untuk menjaga keamanan, ketertiban dan ketentraman di lingkungan masyarakat sehingga proses pelaksanaan pesta demokrasi bisa berjalan dengan baik dan lancar,” tukas Martin.

Martin mengungkapkan bahwa selama ulang tahun Satpol PP dan Pemadam Kebakaran tingkat Kabupaten Sintang sudah melaksanakan beberapa kegiatan.

“Kami sudah laksanakan beberapa pertandingan maupun perlombaan antar anggota kami di instansi, dan juga dilaksanakan jalan sehat yang diikuti keluarga besar Satpol PP dan Damkar, hari ini kita laksanakan upacara puncak peringatan Hari Ulang Tahunnya,” ungkapnya.

Martin juga meminta kepada para anggota Satpol PP, Damkar dan Satlinmas untuk meningkatkan disiplin serta profesionalitas dalam bekerja.

“Dengan momentum peringatan HUT kali ini saya pesan kepada seluruh keluarga besar untuk dapat memperbaiki, melakukan pembenahan, dan meningkatkan kedisiplinan, profesionalitas kita dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita masing-masing,” sambungnya.

Martin Nandung menambahkan bahwa Satpol PP Sintang bersahabat bagi masyarakat.

“Dengan motto kita saat ini yaitu Satpol PP Ramah, dengan motto tersebut kita ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa Satpol PP adalah sahabat masyarakat, kita ingin menghilangkan maindset yang kurang baik terhadap Satpol PP, kita hadir menjadi Satpol PP yang ramah, bersantun, dan bersahabat bagi masyarakat,” pungkasnya. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar