Sekda Tinjau Pelaksanaan UNBK SMA/MA di Sintang

KalbarOnline, Sintang – Sekretaris Daerah Sintang, Yosepha Hasnah meninjau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA/MA se – Kabupaten Sintang yang dilaksanakan pada Senin (9/4).

Sekda memimpin langsung peninjauan jalannya UNBK ke beberapa SMA/MA di Kota Sintang, dengan didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang.

Rute pertama dalam memantau UNBK di Kota Sintang yaitu SMAN 2 Sintang, SMAN 3 Sintang, Madrasah Aliyah Negeri Sintang, SMA Panca Setya Sintang, dan SMAN 1 SIntang.

Sekda Yosepha mengatakan bahwa dalam peninjauan langsung ke lapangan terkait pemantauan jalannya UNBK di Kota Sintang tidak ada kendala apapun.

“Tadi sudah beberapa sekolah yang kami lihat, mulai dari SMA 2, SMA 3, MAN, semuanya lancar tidak ada kendala dalam hal teknis seperti gangguan internet, termasuk tingkat kehadiran siswa-siswinya juga hadir semua,” kata Yosepha.

Akan tetapi, lanjut Sekda, di satu SMA yang berada diwilayah perbatasan di Kabupaten Sintang mengalami sedikit kendala.

Baca Juga :  Pemkot Pontianak Kucurkan Bantuan untuk Dukung Madrasah Diniyah Takmiliyah

“Ada informasi kurang baik yang kami dapatkan, yaitu di Kecamatan Ketungau Hulu, merupakan Kecamatan yang berbatasan langsung dengan negara tetangga mengalami gangguan teknis sinyal internet tidak terjangkau, sehingga menyebabkan pelaksanaan UNBK sedikit terhambat,” tukas Yosepha.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang, Lindra Azmar membenarkan bahwa di Kecamatan Ketungau Hulu ada sedikit kendala terkait permasalahan sinyal internet.

“Berdasarkan hasil pantauan saat ini hanya di Senaning ada gangguan sinyal, dan termasuk juga ada kendala sedikit di Kecamatan Ambalau agak lemot sinyalnya, tetapi pihak Provinsi sudah memproses, semoga itu bisa berjalan dengan baik,” kata Lindra.

Lindra mengungkapkan bahwa pada saat simulasi sebelum pelaksanaan UNBK berjalan dengan lancar.

“Jadi pada saat simulasi UNBK semuanya lancar tidak ada kendala apapun, termasuk juga minggu lalu UNBK tingkat SMK berjalan dengan lancar, mungkin dikarenakan faktor cuaca yang kurang mendukung sehingga berdampak kepada sinyal internet,” ungkapnya.

Baca Juga :  Pemkab Sintang Terima 18 Item Obat-obatan dari Pemprov Kalbar

Menurut Lindra, dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sintang menginginkan semua sekolah yang ada di Sintang bisa lulus 100 persen.

“Prinsip kita ingin semua sekolah bisa lulus seratus persen, harapan kita peringkat di Kabupaten Sintang paling tidak kita bisa memberikan peringkat yang memuaskan,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Pelaksanaan Ujian Nasional Kabupaten Sintang, Ernawati mengungkapkan bahwa kegiatan UNBK di Kabupaten Sintang ini berjumlah 4.776 peserta.

“Untuk di tingkat SMA berjumlah 2787 peserta, kemudian untuk tingkat Madrasah Aliyah di Kabupaten Sintang 333 peserta UNBK, dan tingkat SMK sebanyak 1433 peserta, dengan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK sebanyak 57 sekolah,” rinci Ernawati. (Sg/Hms)

Comment