Posyandu Ujung Tombak Pelayanan Kesehatan Masyarakat

Jambore Posyandu se-Kota Pontianak

KalbarOnline, Pontianak – Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak, Mahmudah menyebut para kader posyandu adalah ujung tombak dalam melayani masyarakat di bidang kesehatan.

“Posyandu merupakan bagian dari peran aktif masyarakat dalam pembangunan kesehatan,” ujarnya saat membuka Jambore Posyandu se-Kota Pontianak di Pontianak Convention Center (PCC), Rabu (11/4).

Ditambahkannya, sebagai upaya Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak untuk meningkatkan peran dan fungsi kader posyandu diantaranya pemberian bantuan operasional posyandu, meningkatkan kapasitas kader dengan pelatihan-pelatihan hingga studi banding ke daerah lain untuk pembelajaran manajemen posyandu.

Baca Juga :  Sambil Menangis Minta Maaf, LBH Universitas Muhammadiyah Pontianak Tegaskan Proses Hukum Sukmawati Berlanjut

Tak hanya itu, pembangunan dan rehabilitasi gedung posyandu permanen serta pembinaan langsung posyandu.

Melalui Jambore Kader Posyandu se-Kota Pontianak ini, Mahmudah berharap dapat mendorong semangat para kader tetap berjuang dan bekerja walaupun tidak mendapat profit.

“Namun mereka bekerja dengan iklas dan tulus melayani masyarakat sekitarnya,” timpalnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Sidiq Handanu menjelaskan, Jambore Kader Posyandu ini digelar setiap tahun dalam rangka meningkatkan dan memberikam penyuluhan kepada para kader posyandu.

Baca Juga :  Hadiri Penandatanganan MoU Antara Pemrov Kalbar dengan Solidaridad, Ini Kata Bupati Jarot

“Jambore Posyandu ini sebagai bentuk apresiasi kita kepada para kader posyandu sekaligus sebagai ajang silaturrahmi dan evaluasi dalam memberikan pelayanan kesehatan di posyandu,” ungkapnya.

Menurut data Dinas Kesehatan Kota Pontianak, tercatat 272 titik posyandu balita dan 40 titik posyandu lansia.

“Untuk setiap posyandu rata-rata terdiri dari lima sampai sepuluh orang kader,” pungkasnya. (jim)

Comment