Tingkatkan Konsumsi Ikan, Forikan Pontianak Gelar Lomba Masak Berbahan Dasar Ikan

KalbarOnline, Pontianak – Untuk menggalakkan program gemar makan ikan, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Nasional (Forikan) Kota Pontianak menggelar lomba masak berbahan dasar ikan tingkat Kota Pontianak tahun 2018 di aula rumah jabatan Wali Kota Pontianak, Kamis (5/4).

Lomba ini diikuti Tim Penggerak (TP) PKK se-Kota Pontianak. Wakil Ketua II Forikan Kota Pontianak, Tita Selati Sundari M Akip mengatakan, kegiatan lomba masak berbahan dasar ikan ini merupakan salah satu bentuk sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang dicanangkan oleh pemerintah pusat.

Digelarnya lomba ini atas kerja sama Forikan Kota Pontianak dengan Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak serta Tim Penggerak PKK Kota Pontianak.

Baca Juga :  Berfoto di Jembatan Taman Digulis, Netizen Kira Sutarmidji Berada di Korea

“Indikator keberhasilan Forikan Kota Pontianak adalah meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Pontianak, salah satunya melalui lomba masak berbahan dasar ikan ini,” sebutnya.

Menurutnya, apabila Forikan dapat meningkatkan angka konsumsi ikan di Kota Pontianak, maka hal itu akan berdampak langsung pada peningkatan kualitas sumber daya manusia di Pontianak.

“Ikan adalah sumber protein dan Omega-3 yang berfungsi untuk meningkatkan kecerdasan dan daya tahan tubuh manusia,” ungkap Tita.

Selain itu, sambung dia, dengan meningkatnya konsumsi ikan di kalangan masyarakat, maka akan terbuka peluang yang semakin besar untuk budidaya, penangkapan, pengolahan serta pemasaran produk perikanan, yang pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan pendapatan masyarakat dan dapat menyerap tenaga kerja.

Baca Juga :  Usai Rapat Pleno KPU, Bang Midji Salami Para Balon Gubernur

“Semoga dengan kegiatan lomba masak berbahan dasar ikan yang kita laksanakan hari ini dapat  mendorong kreativitas kader-kader Tim Penggerak PKK se-Kota Pontianak untuk berinovasi dalam menciptakan resep-resep yang menggunakan ikan sebagai bahan utamanya,” pungkasnya.

Dalam lomba masak ini, para peserta dengan berbagai kreativitasnya menyajikan beraneka ragam masakan yang berbahan dasar ikan. Hidangan masakan satu-persatu dinilai oleh juri untuk menentukan pemenang lomba. (jim)

Comment