Buka Turnamen Panggi Ruguk IV, Bupati Jarot Pesankan Ini

Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Menyalami Peserta Turnamen Panggi Ruguk IV Cabor Sepakbola, Saat Membuka Turnamen Tersebut (Foto: Sg/Hms)
Bupati Sintang, Jarot Winarno, Saat Menyalami Peserta Turnamen Panggi Ruguk IV Cabor Sepakbola, Saat Membuka Turnamen Tersebut (Foto: Sg/Hms)

KalbarOnline, Sintang – Bupati Sintang, Jarot Winarno, secara resmi membuka Turnamen Panggi Ruguk IV tahun 2018 di Kedembak Air Tabun, Desa Panggi Agung, Kecamatan Ketungau Tengah Kabupaten Sintang, Selasa (3/4).

Kegiatan tersebut turut dihadiri Anggota DPRD Provinsi Kalbar, Suyanto Tanjung, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang, Terry Ibrahim, Anggota DPRD Kabupaten Sintang, Melkianus, sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Sintang, Camat Ketungau Tengah, dan unsur terkait lainnya.

Bupati Jarot mengatakan Pemerintah Kabupaten Sintang sangat memberikan apresiasi dan mendukung atas terselenggaranya Turnamen Panggi Ruguk IV ini, terlebih turnamen ini merupakan untuk mengenang sejarah dua pahlawan yang dulu berjuang melawan penjajah yakni Panggi dan Ruguk 112 tahun yang lalu.

“Jadi anak-anakku sekalian teladani sikap beliau berdua yang berjuang melawan penjajah, jadi hari ini berjuanglah kalian dalam mengikuti turnamen ini dengan jiwa sportivitas, nang belayak (jangan berkelahi), kalah menang itu biasa karena olahraga itu untuk kita mengasah jiwa dan badan kita,” pesan Bupati.

Lanjut Bupati, kegiatan olahraga sepakbola, bola volly atau kegiatan olahraga lainnya sangat perlu terus dilaksanakan di desa-desa salah satunya di desa panggi agung ini, karena inilah bentuk bahwa kegiatan olahraga di desa sangat aktif tidak kalah dengan di kota-kota, dimana masyarakat bisa berkumpul saling silaturrahmi dari berbagai daerah terdekat maupun yang jauh.

“Disini kita bisa berkumpul saling silaturrahmi, karena kegiatan olahraga seperti ini sangat positif, ini harus kita laksankan tiap tahun, turnamen ini juga cukup lama yakni penutupan 6 Juli nanti, mudah – mudahan saya bisa hadir, jadi turnamen ini dijaga hingga berjalan lancar sampai selesai nanti,” tukas Bupati.

Sementara, Ketua panitia Turnamen Panggi Ruguk IV tahun 2018, Teddy mengatakan Turnamen Panggi Ruguk IV ini berlangsung mulai 3 April – 6 Juli 2018, yakni selama 3 bulan 3 hari dan cabang olahraga yang dipertandingkan dalam turnamen ini yakni sepakbola putra, bola volly putra/putri dan badminton tunggal dan ganda putra/putri tingkat remaja.

“Untuk peserta yang ikut dalam turnamen ini berasal dari Kecamatan Ketungau Hulu, Ketungau Tengah, Ketungau Hilir serta beberapa desa tetangga dari Kabupaten Sekadau,” kata Teddy.

Adapun jumlah tim yang ikut serta dalam turnamen ini, ungkap teddy, yakni cabang sepakbola diikuti 39 club bola dengan menggunakan sistem kandang tandang dan semifinal baru mengunakan sistem gugur, untuk bola volly putra 10 peserta dan bola volly putri 12 peserta sementara untuk badminton pendaftaran masih dibuka.

“Pelaksanaan Turnamen Panggi Ruguk IV ini merupakan sebuah moment dimana masyarakat Panggi Agung khususnya dan seluruh masyarakat Ketungau Hulu, Tengah dan Hilir untuk memperingati perang Panggi Ruguk yang merupakan pahlawan yang berasal dari daerah tersebut dalam menumpas penjajah belanda 112 tahun lalu,” ujar Teddy.

Teddy sangat bersukur Pemerintah Kabupaten Sintang sangat mendukung dan mensuport kegiatan turnamen yang pertama kali dihelat sejak 2008 lalu ini.

“Dan ini juga merupakan sebagai upaya mendukung pemerintah untuk mewujudakan masyarakat yang maju, sehat dan religius,” tukas Teddy. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar