Askiman Harap MTQ XXIII Sintang Jadi Ajang Membumikan Al-Qur’an

Wakil Bupati Sintang, Askiman, Saat Menutup Rangkaian MTQ XXIII Sintang Yang Ditandai Dengan Pemukulan Bedug (Foto: Sg/Hms)
Wakil Bupati Sintang, Askiman, Saat Menutup Rangkaian MTQ XXIII Sintang Yang Ditandai Dengan Pemukulan Bedug (Foto: Sg/Hms)

Kecamatan Sepauk Juara Umum MTQ XXIII

KalbarOnline, Sintang – Semarak kemeriahan malam puncak penutupan MTQ XXIII tingkat Kabupaten Sintang 2018 begitu ramai dipadati masyarakat yang menyaksikan kegiatan tersebut, apalagi ditambah dengan kehadiran bintang tamu artis/penyanyi nasyid dari Ibukota Jakarta yaitu Dodi Hidayatullah.

MTQ XXIII tersebut ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Sintang, Askiman yang ditandai dengan penabuhan beduk didampingi Anggota DPR – RI H Sukiman, bertempat di Stadion Baning Sintang, Selasa malam (27/3).

Sebelum rangkaian MTQ XXIII ditutup oleh Wabup Askiman, Ketua Majelis Hakim Fahmil Qur’an, Edy Sunaryo membacakan pemenang – pemenang dari 5 (lima) cabang yang dilombakan dalam pelaksanaan MTQ, dan akhirnya Kecamatan Sepauk keluar sebagai juara umum pada MTQ XXIII Kabupaten Sintang 2018, juara kedua diraih oleh Kecamatan Sungai Tebelian, dan juara ketiga diraih oleh Kecamatan Tempunak.

Dalam sambutannya, Wabup Askiman mengatakan bahwa semangat untuk membaca Al-Qur’an harus terus digalakkan sebagai acuan untuk menjalankan tugas sebagai warga masyarakat.

“Kita harus semangat untuk membaca, menghayati dan mengamalkan ajaran kitab suci Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari, harus terus digalakkan dan jangan hanya bersemangat sesaat saja, karena kita membutuhkan pesan-pesan moral yang agung dari Al-Qur’an untuk dijadikan sebagai acuan bagi kita menjalankan tugas dan fungsi sebagai warga masyarakat,” kata Askiman.

Askiman berharap bahwa pelaksanaan MTQ XXIII Kabupaten Sintang dapat menambah wawasan sebagai komitmen membumikan Al-Qur’an.

“MTQ ini harus meninggalkan bekas dan pengaruh positif yang dirasakan secara nyata dan terukur dalam perkembangan kehidupan keagamaan daerah kita kedepan, dan harus dihayati karena dapat menambah wawasan,” harapnya.

Wabup juga mengucapkan selamat kepada para pemenang dan agar prestasinya bisa dipertahankan serta persiapkan diri sebagai kafilah untuk berlaga di ajang MTQ tingkat Provinsi Kalbar.

“Sebagai ajang perlombaan, tentunya saya ucapkan selamat dan semoga prestasi ini bisa dipertahankan, tugas kedepannya agar para pemenang MTQ untuk dapat mempersiapkan diri untuk berlaga di ajang MTQ tingkat Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Mempawah pada bulan Juli mendatang,” ucapnya.

“Kepada kafilah yang belum berhasil mengukir prestasi di MTQ ini, agar dapat terus berlatih dan memacu diri untuk di kesempatan-kesempatan yang akan datang, tetapi perlu diingat, bahwa MTQ ini jauh lebih penting niat ikhlas untuk mencintai Al-Qur’an dalam kehidupan umat Islam di Kabupaten Sintang,” tutur Askiman.

Sementara itu, Wakil Ketua Panitia MTQ XXIII, H Abdurrani melaporkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan selama pelaksanaan MTQ XXIII tingkat Kabupaten Sintang tahun 2018.

“Kami dari panitia sudah melaksanakan kegiatan ramah tamah dan pelantikan dewan hakim pada tanggal 23 Maret 2018 di Pendopo Bupati, kemudian melaksanakan pawai taaruf, pembukaan MTQ, dilanjutkan dengan lomba-lomba, melaksanakan pameran/expo MTQ,” kata Abdurrani.

Abdurrani menambahkan bahwa pelaksanaan lomba-lomba MTQ pada tanggal 25-27 Maret 2018 sudah dilaksanakan dan semua lomba berjalan dengan lancar.

“Lomba tilawah dan tahfidz dewasa di Stadion Baning, lomba Khatil Qur’an di aula MTSn, lomba Fahmil Qur’an di aula MAN, lomba Tila’ah anak-anak, Tahfidz dan Tartil Qur’an di Masjid Al – Amin dan lomba Syarhil Qur’an di Gedung Pancasila, peserta lomba keseluruhan berjumlah 253 orang,” tambahnya.

Kemudian sambung Wakil Ketua Panitia, mengungkapkan bahwa pameran MTQ diikuti dari berbagai unsur OPD, Ormas Islam, dari Kecamatan se – Kabupaten Sintang.

“Total stand yang mengikuti pameran MTQ sebanyak 25 stand pameran, yang terdiri dari 14 stand Kecamatan se – Kabupaten Sintang, kemudian 6 dari unsur OPD & ormas Islam, sehingga dalam catatan panitia, jumlah pengunjung pameran MTQ sekitar 3000 orang,” sambungnya. (Sg/Hms)

Tinggalkan Komentar