Dragon Boat Meriahkan Festival Sungai Jawi

Sungai Jawi Layak Dipromosikan sebagai Wisata Air

KalbarOnline, Pontianak – 16 tim perahu naga atau lebih dikenal dengan “Dragon Boat” bersaing memperebutkan juara pada Festival Sungai Jawi yang digelar Sabtu (17/3). Dragon Boat merupakan satu diantara beberapa even pada Festival Sungai Jawi yang digelar Balai Air Wilayah I Kalimantan bekerja sama dengan Pengurus Provinsi Cabang Olahraga Dayung (Pengprov PODSI) Kalbar dan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak. Festival ini digelar selama dua hari, mulai tanggal 17 sampai dengan 18 Maret 2018.

Pjs Wali Kota Pontianak, Mahmudah mengatakan, kegiatan ini juga merupakan rangkaian pencanangan Sungai Jawi sebagai lokasi wisata air.

Baca Juga :  Kunjungi Sekadau, DPP MABM Kalbar Pantau Kesiapan FSBM XII

“Sungai ini sudah dibenahi oleh Pemkot Pontianak sehingga sudah selayaknya Sungai Jawi ini kita promosikan sebagai wisata air,” sebutnya.

Pembenahan Sungai Jawi ini, lanjutnya, didukung program-program dari Pemkot Pontianak maupun Balai Air Wilayah I Kalimantan. Ia berharap, kegiatan ini tidak hanya berhenti di sini saja, tetapi juga kegiatan-kegiatan berikutnya sehingga acara serupa dapat dikemas dengan baik, lebih meriah dan berkesinambungan.

Baca Juga :  Sutarmidji: Islam itu Rahmatan Lil ‘Alamain

“Kita juga minta ada sinergi dengan pihak luar sehingga Festival Sungai Jawi ini bisa tetap terlaksana,” ujar Mahmudah.

Berbagai upaya yang dilakukan Pemkot Pontianak melalui program penataan parit, salah satunya Sungai Jawi. Dengan penataan parit yang baik, bersih dan tertata rapi, maka bisa menjadi daya tarik wisata terutama wisata air.

“Kita juga akan menata parit-parit lain yang ada dan dibersihkan sehingga pemandangan itu bisa dinikmati masyarakat,” pungkasnya. (Jim Hms)

Comment